Dinkes Catat 60 Orang Bayi Terkena Gizi Buruk

808 views

TEMBILAHAN – Sejauh ini, jumlah bayi penderita gizi buruk yang telah ditemukan dan terdata di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mencapai 60 orang.

Jumlah tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Negeri Seribu Parit dan telah dilakukan penanganan serta perawatan yang intensif oleh tim medis atau tenaga kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil, H Zainal Arifin Mkes melalui Kasi KIA, KB dan Gizi, Siti Munziarni menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap seluruh Puskesmas, untuk mengetahui apakah tenaga kesehatan sudah melakukan penanganan dan perawatab yang sesuai dengan standar penatalaksanaan gizi buruk.

"Pemantauan ini melibatkan seluruh aparatur di UPT Puskesmas, Pengelola Program Gizi, TP PKK, perangkat desa dan kader Posyandu setempat," tutur Siti Munziarni, kemarin.

Dijelaskannya, munculnya kasus gizi buruk dikarenakan kurangnya pemahaman para orang tua, khususnya kaum ibu tentang kesehatan anak.

"Oleh karena itu, diberikan konseling kepada ibu si bayi agar membawa bayinya setiap bulan ke Posyandu, dengan meminta bantuan kepada Ketua TP PKK setempat untuk mengajak dan mengingatkan ibu agar rutin membawa bayi ke Posyandu setiap bulannya, " ujarnya.

Selanjutnya, Ia juga berharap kepada Ketua TP PKK kecamatan untuk segera mengaktifkan Dasa Wisma guna mengetahui anggota keluarga yang membutuhkan pelayanan kesehatan, serta mengaktifkan Posyandu agar semua balita dan ibu hamil dapat dipantau kesehatannya. (Adv/humas/zul).

Bagikan ke:

Posting Terkait