Dinkes Minta JCH Segera Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

637 views

TEMBILAHAN – Seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Inhil akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama bulan ini.

"Mulai tanggal 15-25 Februari 2016 mendatang, seluruh Jama'ah Calon Haji (JCH) yang masuk daftar keberangkatan  tahun 1437 H ini, sudah harus melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama di Puskesmas dan RSUD yang ada di wilayahnya masing-masing, " ungkap Kepala Dinas Kesehatan Inhil, H Zainal Arifin MKes melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Khusus, Devi Natalia, Jum'at (19/2).

Dikatakan Devi, sebelum diberangkatkan seluruh jemaah harus mengikuti proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dalam dua tahap.

"Pemeriksaan kesehatan tahap satu, dilakukan 6 bulan sebelum jama'ah berangkat, yang dilaksanakan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Inhil," tutur Devi.

Namun, untuk pemeriksaan Elektro Kardio Grafi (EKG) atau rekam jantung tahap satu ini, lanjut Devi, harus dilakukan di RSUD, karena fasilitas EKG dan rontgen tidak tersedia di Puskesmas.

"Di tempat kita ada 3 RSUD yang telah beroperasi, yakni RSUD Puri Husada, RSUD Tengku Sulung dan RSUD Raja Musa," terangnya.

Setelah itu, barulah dilakukan proses pemeriksaan kesehatan tahap dua, yang rencananya dilaksanakan pada Bulan Agustus 2016 mendatang.

"Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan Laboratorium sederhana, EKG dan Rontgen oleh dokter spesialis," tambahnya.

Oleh karena itu, Devi mengimbau kepada seluruh JCH agar segera memeriksakan kondisi kesehatannya di Puskesmas dan dilanjutkan ke RSUD terdekat, dengan membawa surat pengantar dari Puskesmas.

"Pemeriksaan kesehatan ini penting, karena jika ditemukan adanya jama'ah yang menderita penyakit, maka akan langsung diberikan penanganan dan pengobatan khusus oleh tim medis, sehingga jama'ah bisa berangkat dalam keadaan sehat," imbuhnya. (Adv/humas/zul).

Bagikan ke:

Posting Terkait