Senayan Golf Driving Range akan Diubah Jadi Hutan Kota, Terhubung Stasiun MRT

753 views

Jakarta – Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) merelakan arena Senayan Golf Driving Range untuk dijadikan hutan kota. Arena ini telah resmi ditutup sejak tanggal 1 Februari 2016 lalu.

Dirut PPK GBK Winarto mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemprov DKI Jakarta untuk menjadikan kawasan seluas 46.666 meter persegi atau 4,6 hektar tersebut sebagai hutan kota. Kawasan yang pengelolaannya di bawah Setneg itu akan dijadikan ruang terbuka hijau.

"Kami kembalikan fungsinya sesuai Perda nomor 1 tahun 2014 sebagai lahan konservasi hijau. Sekarang namanya zona hijau rekreasi," kata Winarto di Senayan Golf Driving Range, GBK, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2016).

Winarto mengatakan, nantinya kawasan ini akan terhubung langsung dengan stasiun MRT. Sehingga masyarakat akan lebih mudah menjangkau hutan kota ini. 

"Kami sudah bicara dengan manajemen MRT, nanti stasiun kedua tepat di sini. Namanya stasiun GBK," ujarnya.

Winarto mengatakan, saat ini desain hutan kota belum selesai. Namun rencananya akhir bulan ini desain sudah siap dan dapat segera dilakukan peletakan batu pertama.

Sementara itu, Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono mengatakan, pihaknya akan membantu dalam menyediakan pohon. Sementara pengelolaan hutan kota akan dilakukan bersama PPK GBK dan Pemprov DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan awal Maret kita sudah bisa mulai tanam pohonnya. Karena Bu Menteri juga sangat antusias dan berharap ini bisa segera terealisasi," ujarnya.

Arena eks Senayan Golf Driving Range ini terletak di samping Pintu 5 GBK yang terhubung dengan Jalan Jenderal Sudirman. Dari area ini dapat terlihat gedung-gedung bertingkat menjulang tinggi di sekitar Senayan.

"Ini adalah mimpi baru masyarakat Indonesia, punya hutan di tengah kota yang luas. Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia punya ini," kata Winarto penuh semangat.
Sumber detikcom

Bagikan ke:

hutan kota senayan golf

Posting Terkait