Speed Boat Tepergok Bawa 12 Ton Biji Timah ke Singapura

539 views
Batam – Penyelundupan bahan tambang terus terjadi. Di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sebuah speed boat tepergok hendak membawa 12 ton biji timah ke Singapura. Nakhoda dan ABK pun kini berurusan dengan polisi.
Speed boat Riski One sepanjang 12 meter diamankan di perairan Kabupaten Lingga oleh kapal patroli Direktorat Polair Polda Kepri, Selasa (23/2/2016). Nakhoda speed boat sempat berusaha kabur, tapi berhasil ditangkap. Berdasarkan pemeriksaan, ada 12 ton biji timah di kapal yang diawaki 5 orang tersebut.
"Mereka penambang liar. Barangnya akan dibawa ke Singapura," kata Direktur Polairud Polda Kepri Kombes Hero Hendrianto Bachtiar.
Penambang memang kerap menggunakan speed boat untuk menghindari kejaran petugas,. Kapal tersebut berkecepatan tinggi karena memiliki 5 mesin berkekuatan 200 PK.
Hero menjelaskan pihaknya kerap kali mendapat laporan penambangan liar di Desa Kute, Kecamatan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Dalam beberapa operasi, pelaku kabur. Namun kali ini, mereka tak bisa mengelak.
Segera setelah tertangkap, nakhoda berinisial SN dan 5 ABK digelandang ke dermaga Ditporlairud Polda Kepri. Speed boat juga ikut ditarik ke dermaga.
"Harga jual biji timah di Singapura tinggi. Ini tak berizin, maka harus ditindak," kata Hero.
Kepada polisi, SN mengaku hanya disuruh tekong (makelar). Ia diminta membawa biji timah ke perairan. Di tengah laut, tekong akan menjemput dan membawanya ke Singapura. Pelaku dijerat pasal berlapis UU Pertambangan dan Pelayaran dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.***
sumber detikcom
Bagikan ke:

biji timah dabo singkep penyeludupan tambang liar

Posting Terkait