BNPB: Sengaja Dibakar adalah Penyebab Utama Karhutla

553 views

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut penyebab kebakaran yang mulai merebak, tetap sama, yakni pembakaran yang disengaja.

“Penyebab karhutla tetap sama yaitu akibat kecerobohan dan pembakaran. Artinya disengaja dibakar,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (13/3) malam dikutip aktualcom

Berdasarkan pantauan satelit Modis sensor Terra Aqua dari NASA , lanjut Sutopo, terdeteksi ada 151 hotspot di wilayah Indonesia pada Minggu (13/3) pukul 05.00 WIB.

Sebaran hotspot karhutla tersebut adalah Kalimantan Timur (76), Riau (45), Aceh (11), Kalimantan Utara (7), Sulawesi Tengah (2), Gorontalo (2), Sulawesi Selatan (2), Sumatera Selatan (1), Sumatera Utara (1), Maluku Utara (1_, dan Jawa Timur (1).

Titik panas (hotspot) di Riau tersebut tersebar di Kabupaten Bengkalis (16), Indragiri Hulu (2), Kepulauan Meranti (20), Pelalawan (4), Rokan Hilir (1), dan Siak (2). Sedangkan 76 hotspot di Kalimantan Timur tersebar di Kabupaten Berau 9, Kutai Kartanegara 16, Kutai Timur 50, dan Bontang 1.

“Sesungguhnya karhutla di Riau dan Kalimantan Timur sudah berlangsung hampir tiga minggu terakhir dengan jumlah hotspot yang fluktuatif. Jumlah total hotspot di Kalimantan Timur lebih banyak dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia,” ujar Sutopo.

Menurut dia, terjadi anomali, dimana karhutla sebelumnya di Kalimantan Timur relatif sedikit dibandingkan dengan yang lain. Karhutla yang terjadi pada Februari 2016, bukan hanya membakar hutan dan kebun tapi orang utan satwa langka yang dilindungi ikut terbakar.***

Bagikan ke:

karhutla sengaja dibakar

Posting Terkait