Karlahut di Sei Segajah, Rohil Mulai Terkendali

807 views

KUBU-Semua pihak bersinergi memadamkan kebakaran lahan dan hutan di Sei Segajah, Kecamatan Kubu, Rohil. Dituntaskan dengan water bombing menggunakan helicopter Sinar Mas Group. Karlahut dapat terkendali. 

Bersinergi tersebut diungkapkan Bupati Rohil Suyatno, Sabtu (12/3/16) usai memadamkan dan menyaksikan water bombing pada lahan yang terbakar sekira 24 hektar. 

Yang bersinergi tersebut menurutnya, pihak TNI, Polri, Manggala Agni, MPA, Kehutanan, perusahaan (Simar Mas Group, PT Jatim Jaya Perkasa dan PT Sumatera Riang Lestari), BPBD, ormas serta masyarakat, berjibaku sama-sama memadamkan api. 

Bahkan personil yang terlibat lebih 200, dan terakhir dituntaskan dengan water bombing menggunakan helicopter Sinar Mas Group. 

Akibatnya, karlahut yang sudah berlangsung selama empat hari bisa terkendali, namun sejumlah personil akan tetap bejaga-jaga dilokasi kebakaran untuk menghindari kebakaran datang lagi. 

“Semua berharap, jangan ada lagi kebakaran hutan dan lahan dinegeri Rokan Hilir ini, kalau terbakar, memang kondisi daerah kita gambut sebagian, ini cepat sekali api menjalar. Makanya dihimbau kepada seluruh perusahaan yang ada didaerah ini, sama-sama kita membantu,” harap Suyatno. 

Selain Sinar Mas Group, Suyatno juga mengapresiasi PT Jatim Jaya Perkasa dan PT Sumatera Riang Lestari, yang sudah mengerahkan alat berat dan karyawannya untuk memadamkan api. “Tapi Alhamdulillah, PT Jatim, Sumatera Riang Lestari, juga sudah membantu mengerahkan alat beratnya. Ini suatu kerjasama yang bagus. Himbauan sayalah, semuanya, mulai kepala desa, camat, masyarakat, apalagi yang mempunyai lahan, pemilik lahan, ini harus hati-hati,” katanya. 

Suyatno menginstruksikan kepada jajaran mulai dari kepala desa, camat, sampai yang lebih tinggi dijajaran pemerintahan, jangan lagi membakar dikawasan perkebunan dan kawasan lainnya.***

Bagikan ke:

karhutla

Posting Terkait