Pembangkit Rusak, Pemadaman Bergilir di Riau Berlaku Hingga 10 Maret

940 views

Pekanbaru- PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau menyatakan pemadaman listrik bergilir akibat gangguan pembangkit pada sistem interkoneksi Sumatera akan dilakukan hingga tanggal 10 Maret 2016 dengan lama durasi maksimal tiga jam.

"Kami belum ada informasi apakah gangguan pada pembangkit di sistem sudah ditangani, namun rencana pemadaman listrik masih akan dilakukan sampai 10 Maret," kata Humas PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau (WRKR), Nasri, di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan pengaturan pemadaman listrik bergilir diatur sepenuhnya oleh PLN tiap cabang. Lama durasinya tidak boleh lebih dari tiga jam.

"Kalau perhitungannya tiga jam, karena kalau lebih dari tiga jam maka ikan dan sayuran di kulkas bisa layu," ujar Nasri.

Ia menjelaskankan, pemadaman tak bisa dihindari akibat penurunan daya sisten interkoneksi Sumatera karena rusaknya pembangkit di sistem Sumatera Bagian Selatan-Tengah dan Sumatera Bagian Utara. Kerusakan pembangkit tersebut menimbulkan defisit listrik yang dibagi-bagi bebannya ke masing-masing wilayah secara proporsional.

"Saat ini sedang diupayakan pemulihannya," katanya.

Menurut dia, kondisi defisit listrik untuk wilayah Sumatera Bagian Tengah (Riau, Jambi dan Sumbatera Barat) sebenarnya mengalami tren penurunan. Kondisi defisit daya sempat memburuk sebesar 206 megawatt (Mw), namun saat ini sudah menurun.

"Kalau trennya saat ini menurun, karena defisit daya tinggal sekitar 150 Mw. Defisit itu yang dibagi untuk Sumatera Bagian Tengah ke tiga provinsi, kalau rata-rata di Riau beban defisitnya sekitar 50 Mw," ujarnya.

Ia mengatakan PLN memohon maaf dan pengertian dari para pelanggan atas pemadaman listrik tersebut. "Mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan kami," katanya.***
Antarariau

Bagikan ke:

padam bergilir pembangkit rusak

Posting Terkait