Asam Pedas Ikan Patin

3422 views
 

Diantara berbagai sajian kuliner Riau yang wajib anda coba, yakni gulai asam pedas ikan patin. Kuliner ini menjadi salah satu sajian wisata kuliner andalan dan banyak dicari wisatawan.

Keistimewaan serta citarasa kuliner khas Melayu ini tersimpan dalam resep campuran yang telah diwariskan secara turun temurun pada bumbunya. Dengan perpaduan dari berbagai rempah-rempah alami, mampu menciptakan kesan warna merah tua dan juga aroma yang begitu khas dan tentunya mampu membuka selera makan anda.

Selain itu, lembutnya daging ikan patin atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Pangasius Hipothalmus, yang mengandung banyak sekali protein, serta teksturnya yang tidak memiliki banyak duri, semakin menambah kelezatan serta gurihnya citarasa yang disajikan di sejumlah tempat kuliner yang tersebar di Riau.

Terlebih jika anda menyantapnya dalam keadaan hangat, kuliner ini jauh akan terasa lebih nikmat lagi dan pastinya sayang untuk dilewatkan. Maka tidak salah jika Gulai Asam Pedas Ikan Patin telah memiliki banyak sekali penggemar.

Banyak sekali sajian kuliner yang menawarkan rasa lezat dan nikmat, serta dengan berbagai keunikan lainnya, dapat anda temukan ketika berkunjung dan berwisata ke kota-kota di Riau. Anda juga dapat membeli bolu kemujo, kue bangkit, goreng pisang kipas, kripik nenas, lempuk dan lain-lain, dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Berikut salah satu resep memasak ikan patin:

Bahan :

    750 gram ikan patin
    1 sendok teh garam
    1 sendok makan perasan jeruk nipis
    2 cm lengkuas, dimemarkan
    1 lembar daun kunyit
    2 cm jahe, dimemarkan
    2 batang serai, dimemarkan
    2 buah asam kadis
    4 lembar daun jeruk
    500 ml air
    2 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus :

    100 gram cabai merah, dihaluskan
    5 siung bawang putih
    12 butir bawang merah

Cara memasak Ikan patin asam pedas :

    Bersihkan ikan patin dan buang kotorannya, setelah bersih lumuri engan air jeruk nipis dan garam lalu damkan kurang lebih 15 menit
    Kemudian panaskan minyak goreng, dan tumis bumbu halus hingga beraroma harum. masukkan juga kunyit, lengkuas, serai, jahe dan daun seruk bersama dengan asam kadis dan air. lalu didihkan.
    Masukkan ikan patin, dan masak hingga kuah mengental dan ikan patin matang. tambahakan juga tomat sayur. masak hingga matang
    Ikan patin asam pedas siap dihidangkan

Itulah resep cara memasak ikan patin asam pedas, soal rasa pastinya sangat lezat dan anda pasti ketagihan untuk membuatnya lagi. Proses pembuatanya pun sangat mudah dan bahan-bahanya sangat mudah kita dapatkan. Selamat memasak!
Jika anda tertari memasak hidangan dengan bahan dasar ikan lainya, anda bisa mencobanya

Bagikan ke:

asam pedas ikan patin resep

No related post!