Pemerintah Tetapkan 24 Pelabuhan Dukung Tol Laut

779 views

JAKARTA — Pemerintah telah menetapkan 24 pelabuhan untuk mendukung tol laut. Ditargetkan, pada 2019 ada 100 pelabuhan.

"Sebagai pendukung, turut dibangun 47 pelabuhan nonkomersial dan 41 pelabuhan sedang dalam proses pembangunan," kata Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan di depan Sidang Bersama DPR/DPD RI Tahun 2016 di Jakarta, Selasa (16/8).

Selain pelabuhan, pemerintah pun menyiapkan kapal-kapalnya. Rinciannya, sebanyak tiga kapal pada tahun 2015 dan 30 kapal ditargetkan pada tahun 2016.

"Ini untuk mewujudkan gagasan kita menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Lautan adalah masa depan bangsa, Jalesveva Jayamahe," kata Presiden.

Sementara dalam pembangunan dan pengembangan bandara, ujar dia, pemerintah juga mempercepatnya sebagai wujud pembangunan jembatan udara. Presiden menuturkan, pada tahun 2016, sembilan bandara telah dikembangkan sehingga memiliki standar yang lebih tinggi, dan enam bandara telah resmi dibuka pada 2016.

Dalam hal jalur penerbangan, Pemerintah telah menemukan solusi untuk mengatasi kepadatan jalur penerbangan utara Pulau Jawa.

"Dapat saya sampaikan bahwa perencanaan untuk membuka jalur penerbangan selatan Pulau Jawa sekarang ini sudah dimulai," papar Jokowi.
republika

Bagikan ke:

tol laut

Posting Terkait