Polisi Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Kampar

580 views

Kampar – Jajaran Polres Kampar di Riau sejak pagi hingga siang ini berjibaku melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Lokasi yang terbakar merupakan lahan gambut.

Pemadaman ini dilakukan Polres Kampar di Jl Swadaya, Kecamatan Tambang, Senin (29/8/2016). Kapolres Kampar, AKBP Edi Sumardi, memimpin langsung jalannya pemadaman Karhutla.

Pemadaman ini dilakukan tim Polres Kampar sejak kemarin. Sehingga pihak kepolisian tidak bisa menikmati hari libur saat kondisi kebakaran lahan tengah terjadi di Riau.

"Sejak awal kita kita mengimbau masyarakat khususnya di Kampar agar tidak melakukan pembakaran lahan. Namun masih ada saja pihak-pihak yang melakukan pembakaran lahan," kata Edi Sumardi.

Kebakaran lahan gambut sekilas memang tidak terlihat api di atas permukaan. Namun kondisi asap tetap muncul dari bawah. Kondisi lahan gambut yang terbakar memang sulit untuk dilakukan pemadaman. Ini karena bara api berada di bawah.

"Kita tetap bekerja maksimal dalam penanggulangan Karhutla. Sebelumnya kita juga sudah membuat embung serta sekat kanal di lahan gambut. Semua itu kita lakukan untuk pencegahan," kata Edi.

Sementara data dari BMKG, hari ini hostpot di wilayah Sumatera sebanyak 167. Sebaran hotspot untuk Jambi 4, Sumsel 8, Sumbar 2, Sumut 1, Babel 1, Kepri 1 dan Riau terbanyak 145. Sejumlah kabupaten di Riau saat ini dikepung asap.

detikcom

Bagikan ke:

karhutla polisi

Posting Terkait