Empat Helikopter Dikerahkan Padamkan Api di Hutan Lindung Bukit Suligi

585 views

PEKANBARU – Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau kembali mengerahkan helikopter untuk menanggulangi kebakaran di hutan lindung Bukit Suligi di daerah Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kasi Base Ops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Mayor Ferry Duantoro menyebutkan, hari ini satgas udara mengerahkan empat helikopter untuk memadamkan api di lereng Bukit Suligi.

"Kami fokuskan hari ini pemadaman di daerah Tandun Bukit Suligi. Helikopter yang kita kerahkan adalah sikorsky dan jenis MI," ucap Mayor Ferry Duantoro yang juga staf Satgas Udara Penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan Riau, Jumat (16/9/2016).

Saat ini empat helikopter terus berjibaku melakukan water bombing (bom air) di titik-titik kebakaran di daerah Tandun. "Kita terus berupaya untuk medamkan kebakaran di Bukit Suligi. Dari pantauan, memang Bukit Suligi itu sengaja dibakar. Pelakunya adalah para perambah. Ini dibuktikan dengan temuan pondok-pondok milik perambah di lokasi. Tim udara beberapa waktu lalu memantau perambah hutan kabur saat melihat helikopter ke lokasi," ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu, Aceng Herdiana menjelaskan kebakaran di kaki Bukit Suligi sudah mendekati kantor pemerintahan. "Kebakaran sudah mendekati Balai Diklat Kehutanan Rohul. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari kaki bukit,"ucap Aceng Herdiana.

Selain tim udara, penanggulangan kebakaran juga dilakukan tim darat yang terdiri dari TNI, Polri BPBD dan manggala aqni. Kebakaran di hutan lindung Bukit Suligi sudah berlangsung selama sepekan.**

Bagikan ke:

bukit suligi karhuta

Posting Terkait