Petani Sagu di Riau Butuh Teknologi dan Pasar

725 views

PEKANBARU – Petani sagu di Provinsi Riau bisa menghasilkan sagu dengan kualitas cukup bagus hingga 246.000 ton setiap tahunnya. Sayangnya, harga sagu yang diterima oleh petani sangatlah murah berkisar Rp2 ribu per kilogram.

"Sagu petani di Kabupaten Kepulauan Meranti ada yang hanya dihargai dua ribu per kilogramnya. Padahal dari sana lah sagu unggulan Riau berasal," ungkap Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Muhibul Basyar kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Senin (26/9/2016).

Menurut pengamatannya, hasil sagu yang dibeli murah Rp2 ribu per kg dari Meranti ini diolah kembali di Cirebon dengan harga jual Rp6 ribu kg. Lalu, sesampainya di pasar kuliner Jakarta, sagu tersebut bisa menghasilkan uang hingga Rp19 ribuan.

Ia menyimpulkan, petani sagu di Riau harus diberi penyuluhan teknologi sebagai alternatif memproduksi dan disediakan pasar tertentu sebagai tempat penyaluran hasil produksi.

"Jomplang luar biasa harganya. Tugas kami (Disbun) memang persoalan menanam tapi masalah memproduksi juga harus dipikirkan. Ini menjadi catatan bersama SKPD terkait," tuturnya.(mcr)

Bagikan ke:

sagu

Posting Terkait