MUI Ingin Rajut Kembali Keutuhan Bangsa

790 views
JAKARTA -Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru saja selesai menggelar rapat kerja nasional. Secara khusus, Rakernas II MUI merekomendasikan diagakannya dialog nasional.

Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, mengatakan, dialog nasional akan menghadirkan semua komponen bangsa Indonesia, baik ormas, parpol, cendekiawan, pemerintah atau pun tentara. Ia menilai, kehadiran semua elemen di setiap dialog yang ada, bertujuan menyamakan visi merajut persatuan Indonesia.

“Untuk berembuk dan merajut kembali keutuhan bangsa ini,” kata Ma’ruf Amin usai menutup Rakernas II MUI, Kamis (24/11) yang dilansir dari republikaonline, Jumat (25/11).

Rekomendasi dialog nasional itu didasari atas kesadaran MUI akan berbagai perkembangan dan isu terbaru di Indonesia. Ma’ruf mengaku resah, melihat kesalahpahaman dan kecurigaan satu sama lain yang berkembang di media sosial atau pemberitaan nasional.

Untuk tema dan agenda yang akan menjadi pembahasan di dialog nasional, dia menuturkan, MUI masih akan merumuskan ke dalam bentuk konkrit, masalah apa yang banyak diperdebatkan. Ma’ruf menekankan, MUI akan mengundang semua elemen bangsa, demi tercapainya kembali keutuhan bangsa. “MUI siap menjadi inisiator dialog nasional,” ujarnya.

Terkait Rakernas II MUI, dia mengatakan, MUI telah merumuskan program kerja untuk tahun ke depan dari 12 komisi dan delapan lembaga yang ada. Menurut Ma’ruf, Rakernas II sekaligus jadi penegaskan kembali komitmen MUI kepada kebangsaan, kenegaraan dan pemerintah konstitusional. ***
Bagikan ke:

Posting Terkait