Ciptada Jadikan RTH Mutifungsi, Ada Panggung Aspirasi dan Mini Zoo

623 views

PEKANBARU (lintasriaunews) – Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Ciptada) Provinsi Riau akan menjadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun di sejumlah lokasi di Kota Pekanbaru banyak (multi) fungsi yang memberikan manfaat bagi kalangan masyarakat. Selain jadi wahana rekreasi, juga akan disediakan tempat bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi.

‘Ya, kita akan maksimalkan keberadaan RTH, salah satunya kita berencana akan buat semacam panggung untuk masyarakat berorasi menyampaikan aspirasinya kepada pemerintahm:” ungkap Kepala Ciptada Dr H Dwi Agus Sumarno kepada lintasriaunews, baru-baru ini.

Selain itu, dalam keterangannya kepada pers, Dwi juga mengatakan pihaknya merencanakan untuk membangun kebun binatang mini ( mini zoo) di areal belakang rumah dinas Gubernur Riau.

Menurut dia, hal itu dilakukan guna memaksimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Pekanbaru yang masih belum mencapai 30 persen seperti yang diamanahkan Undang-Undang No. 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang.,

Dwi menyebut RTH Kota Pekanbaru belum sampai tiga puluh persen. Hal tersebut sudah termasuk universitas-universitas yang sedang dalam tahap penghijauan. Ditambah dua kawasan pusat olahraga, yaitu Stadion Rumbai dan Stadion Utama.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini dalam usaha memperbanyak RTH. Salah satunya adalah kantor eks Dinas Pekerjaan Umum Riau di persimpangan Jalan Riau dan Jalan Ahmad Yani.

Selain di dua lokasi tersebut, saat ini juga sedang dibangun RTH di bekas Taman Rekreasi Kaca Mayang di Jalan Sudirman depan Kantor Walikota Pekanbaru. Dengan luas sekitar 1,8 Ha, pembangunan akan dilakukan bertahap RTH di Jalan Sumatera, Jalan Diponegoro, Jalan Thamrin hingga Petala Bumi.

“Nanti kami buat kebun binatang mini zoo. Selain itu, kami akan buat juga tempa-tempat untuk anak-anak, anak sekolah, dan taman-taman pendukung RTH itu,” ujarnya seperti dilansir riaupos.co, Kamis.

Kemudian, kata dia, akan dibangun pula taman di sebelah Gedung Wanita dan sebelah Hotel Arya Duta Pekanbaru dengan embung air di tengah-tengahnya. Masing-masing taman itu untuk taman balita dan taman anak usia SD dan SMP.

Selanjutnya, di depan taman akan dibuat jalan ke bawah dari Jalan Diponegoro menuju Hutan Kota Budaya. Hal itu karena letaknya dekat Gedung Lembaga Adat Melayu Riau. Kemnudian, bertemu sungai juga akan dibuat kiri kanannya jalan hingga tembus taman remaja di Jalan Thamrin.

“Terakhir melintas menuju belakang rumah gubernur yang rencananya juga akan dibangun kebun binatang bumi hingga ke Petala Bumi. Luasnya hingga 4 Ha,” kata Dwio Agus Sumarno.[] red

Bagikan ke:

Posting Terkait