Diduga Peras Pengusaha Kayu, Tiga PNS Dishut Riau Kena OTT Tim Saber Pungli

767 views

Tiga PNS Dishut Riau menjalai pemeriksaan di Polda Riau. (foto goriau.com)

PEKANBARU (lintasriaunews) – Tiga oknum PNS Dinas Kehutanan di Riau terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli Polda Riau, Sabtu (7/1/2017) pagi sekira pukul 10.30 WIB. Hingga Sabtu sore ketiganya masih menjalani pemeriksaan intensif di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.

Ketiga oknum PNS Dishut berinisial SCH (39), JH (48) dan He (43) itu ditangkap lantaran diduga melakukan pemerasan (Pungli) terhadap seorang pengusaha kayu.

Seperti dilansir goriau.com, kasus ini bermula Kamis (5/1/2017) malam lalu, dimana para pelaku melakukan penangkapan di daerah Kubang Raya, terhadap sebuah mobil Colt Diesel bermuatan kayu olahan yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) tujuan Medan Sumatera Utara (Sumut).

Selanjutnya, ketiga oknum PNS itu menggiring mobil dan supirnya ke Jalan Jenderal. Di situ oknum rersebut bernegosiasi dengan pemilik usaha, berinisial WM. Ketiganya konon sempat meminta uang sebesar Rp30 juta. Padahal, truk ini dilengkapi dokumen terkait muatannya.

Atas alasan itu pula si pengusaha menolak nyetor uang sebesar itu. Singkat cerita, kedua pihak menyepakati nominal sebesar Rp5 juta yang ditenggarai sebagai uang ‘damai’, yang rencananya diserahkan di sebuah kedai lontong di Jalan Dahlia, Kota Pekanbaru.

Begitu amplop akan diserahkan si pengusaha kayu, aparat kepolisian yang tergabung dalam Tim Saber Pungli Polda Riau yang sudah mengendus aksi mereka langsung menangkap tangan ketiganya. Di dalam amplop itu ditemukan uang sebesar Rp5 juta.

“Ketiganya masih kita periksa secara intensif. Kasusnya ditangani oleh Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Polda Riau),” ungkap Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Rivai Sinambela. [] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait