DPRD Riau Sidak dan Kritik RTH Tunjuk Ajar Dibangun Asal-Asalan, Apa Respon Dwi Agus?

936 views

Komisi D DPRD saat tinjau RTH di Pekanbaru.

PEKANBARU (LintasRiauNews) – Anggota Komisi D DPRD Provinsi Riau melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani, Senin (22/1). Mereka menunjukkan kekecewaan karena hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Saat sidak oleh dewan itu, terlihat mendampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno yang juga merupakan penanggjawab pembangunan RTH tersebut.

Kalangan wakil rakyat itu yang kecewa spontan melontarkan kritik atas pembangunan RTH Taman Tunjuk Ajar Integritas yang berlokasi persis di depan Kediaman Walikota Pekanbaru. Karena pembangunannya menghabiskan anggaran Rp9 miliar tetapi hasilnya tidak optimal atau asal-asalan.

Anggota Komisi D DPRD Riau Abdul Wahid, mengatakan dengan alokasi anggaran yang dinilai cukup fantastis seharusnya sudah terbangun taman yang indah.

“Dari tinjauan kami tadi, sudah jelas terlihat tamannya dibangun asal-asalan. Banyak konsep pembangunan yang tidak matang, padahal anggarannya besar, contohnya saja seperti penataan rumput dan tanaman yang tidak sesuai,” ungkap Abdul Wahid kepada wartawan.

Protes lainnya datang dari Anggota Komisi D DPRD Riau Farida Safaat. Ia menyebut tidak ada kesesuaian antara hasil yang didapat dari pembangunan yang menelan dana miliaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2016 itu.

“Sepanjang pengamatan kami, mulai dari RTH yang menelan anggaran miliar tapi hasilnya tidak sesuai,” tukasnya, seperti dilansir antarariau.com.

Berdasarkn pantauan, dari aneka tumbuhan yang ditanam di RTH Tunjuk Ajar Integritas ditemukan sejumlah pohon sudah mati, beberapa tanaman tampak tidak tertata karena ada yang tercabut. Juga rumput yang ditanam sebahagian ditanami rumput liar.

Melihat kondisi ini, Yusuf Sikumbang, Anggota Komisi D yang juga hadir pada saat itu, mengatakan seharusnya ada penjagaan RTH dari pihak keamanan. “Minta saja Satpol PP untuk berjaga sehingga lebih aman,” kata politisi PKB ini.

Komisi D DPRD Riau yang membidangi infratruktur dalam sidak kemarin meninjau empat proyek yang dikelola Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Riau. Selain dua RTH Taman Tunjuk Ajar Integritas yang ditinjau, kemudian dilanjutkan Masjid Raya serta kemudian drainase yang berlokasi di Jalan Arengka.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno merespon positif kritikan kalangan anggota dewan tersebut. Ia mengatakan akan melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi dari anggota DPRD Riau.

Disinggung anggaran yang digunakan cukup besar, Dwi menyebut sesuai denga apa yang dianggarkan. “Jangan nilai dari anggarannya, tetapi nilai dari bagaimana cara kami bekerja,” ujar Dwi singkat.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait