Dua PNS di Jajarannya Terjerat Kasus Pungli, Ini yang akan Dilakukan Plt Wako Pekanbaru

629 views

Edwar Sangerr

PEKANBARU (LintasRiauNews) – Terbongkarnya praktik pungli dalam pembuatan KTP dan KK yang menjerat dua oknum PNS di di DIsdukcapil Kota Pekanbaru oleh Tim Saber Pungli membuat Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru Edwar Sanger geram dan sepertinya sangat terpukul.

Edwar yang segera naik status menjadi Pejabat Walikota Pekanbaru itu menegaskan akan menindak tegas oknum aparatur sipil negara (ASN) Disdukcapil yang tertangkap tangan terlibat kasus pungli.

“Saya akan berikan sanksi tegas. Namun terlebih dahulu saya akan panggil kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah),” kata Edwar, seperti dilansir antarairua.com

Edwar mengatakan sedari awal dirinya menjabat sebagai Plt Walikota telah berulang kali mengingatkan anggotanya untuk tidak melakukan pungli.

“Terlebih lagi setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perpres nomor 87 tahun 2016. Saya tekankan terus pada aparatur, mari bekerja dengan baik. Jangan lagi ada pungutan tidak jelas,” jelasnya.

Pada satu sisi, Edwar mengaku kecewa dengan masih adanya pungli di lingkungan pemerintah yang ia pimpin meski telah berulang kali diingatkan.
Namun di sisi lain, Edwar mengapresiasi Tim Saber Pungli yang telah bekerja maksimal.

“Sekarang saya minta, sudah cukup. Jangan lagi ada Pungli. Ini harus menjadi pelajaran ke semua agar tidak terulang lagi,” tegas Edwar yang juga menjabar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerh (BPPD) Provinsi RIau ini.

Dia berharap kasus tertangkapnya oknum ASN itu dapat dijadikan terapi kejut oleh jajarannya sehingga kedepannya hal yang sama terjadi kembali. “Ini peringatan bagi yang lain. Rasanya sudah cukup lah gaji PNS itu. Mari kita layani masyarakat dengan kerja yang ikhlas,” tuturnya.

Sepeti diberitakan, selang sehari setelah dilantik, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Pekanbaru langsung membuat gebrakan. Tim yang juga beranggotakan kepolisian itu mengungkap kasus pungli lewat percaloan pembuatan KTP/ KK yang melibatkan oknum pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (25/1/2017) siang. Tim Saber Pungli Pekanbaru dari Polresta didampingi pihak Kejaksan dan Satpol PP itu berhasil menjaring tiga pelaku beserta barang bukti yang terdiri dari dokumen pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Kartu Keluarga (KK) dan uang sebanyak Rp2 juta dalam sebuah amplop.

Ketiga pelaku yang diduga kuat melakukan pungutan untuk pembuatan identitas kependudukan dan barang bukti diamankan ke Mapolresta Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun ketiga pelaku itu, masing-masing berinsial RT (30), F (31) dan R (48). F dan RO merupakan PNS/ ANS Disdukcapil Kota Pekanbaru, sedang RT adalah warga sipil dan merupakan istri dari F.

Informasi yang dihimpun, dalam kasus percaloan pembuatan KTP/ KK itu, RT berperan sebagai penyedia jasa pembuatan data warga pemohon dengan syarat pembayaran sejumlah uang. Sedangkan F berperan sebagai pihak yang memproses dan membuat KTP/ KK warga pemohon yang diajukan R tanpa prosedur resmi itu. Akan halnya R, perannya membantu F dalam pembuatan KTP/KK tersebut.

Ketua Penindakan Tim Saber Pungli Pekanbaru Kompol Bimo Arianto menjelaskan dari pengungkapan tersebut disita barang bukti tiga berkas pemohon KTP dan KK serta uang tunai Rp 362.000 dari F.

Sebanyak 13 berkas pemohonan KTP dan KK dan uang tunai Rp 2.000.000 dari tangan R. Serta satu copy print out aplikasi mutasi data atas nama Asfirman (diproses tidak prosedur data tidak lengkap).

Menurut Bimo, polisi masih melakukan pemeriksaan lanjutan untuk menggali informasi dan kemungkinan keterlibatan pihak lainya. “Kita masih lakukan pengembangan, apakah ada keterlibatan pihak lainnya,” ujarnya kepada wartawan di Mapolresta Pekanbaru.

Terpisah, Kepala Dinas Disdukcapil Kota Pekanbaru, Burhanudin membenarkan oknum anggotanya yang terlibat aktivitas Pungli. “Benar, dia hanya staf biasa. Sekarang sudah dibawa tim saber,” ujarnya singkat saat dihubungi wartawan.

Sebagaimana diketahui, Tim Saber Pungli Kota Pekanbaru baru saja terbentuk, yang ditandai dengan Pelantikan pimpinan dan personil Satgas oleh Pelaksana Tugas Walikota Edwar Sanger Selasa (24/1) kemarin. [] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait