Jalan Lintas Rohil Terbengkalai Akibat HPH Diamond, Bupati ‘Ngadu’ ke Kakanwil BPN

629 views

Suyatno dan Kakanwil BPN Riau Lukman Hakim

BAGANSIAPIAPI lintasriaunews) – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMP merasa prihatin dan mengeluhkan terbengkalainya pembangunan jalan lintas Sinaboi-Dumai akibat terganjal adanya konsesi HPH PT Diamon di wilayah itu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil sebelumnya sudah mewacanakan ingin memangkas jarak tempuh dari 2,5 jam menjadi setengah jam ke Kota Dumai. Bupati Suyatno mengakui jalan lintas menunju kota industri itu sudah lama didambakan oleh masyarakat Rohil

Terbengkalainya pembangunan akses vital itu dikeluhkan dan diadukan langsung oleh Suyatno ke Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau Lukman Hakim SH saat akan menyerahkan 2000 sertifikat kapada masyarakat Rohil, baru-baru ini.

Menurut Suyatno, masyarakat Rohil ibaratkan ayam yang mati dilumbung padi. Pasalnya, Pemkab yang ingin memudahkan akses masyarakat untuk membangun jalan menjadi terhambat oleh keberadaan PT Diamond.

“Masa kita ingin bangun jalan kena HPH kok ngurusnya setengah mati. Jalan yang mau dibangun ini kan untuk masyarakat. Pemda ingin buka akses jalan masih dihadapkan dengan persoalan izin, ini sungguh aneh,” ucap Suyatno seperti idlansir dari inforohil.

Untuk itu, dia berharap kehadiran Lukman Hakim yang sudah bertugas sebagai Kakanwil BPN Riau selama dua bulan itu, agar dapat membantu mempermudah niat Pemkab Rohil yang ingin membuka akses jalan itu.

“Itulah salah satu permasalahan kita saat ini, sampai sekarang jalan itu sunyi senyap, sampai detik ini izin pelepasan kawasan atau pinjam pakai belum dikeluarkan pemerintah pusat,” ungkap Suyatno kepada Lukman.

Suyatno menjelaskan, jika jalan penghubung antar kabupaten itu bisa dibangun dengan cepat, dia meyakini ekonomi masyarakat Riau khususnya Rohil dan Dumai akan semakin maju.

‎”Dumai itu kota industri, banyak hasil yang dari Rohil ini dijual atau diimpor melalui Dumai. Saya yakin kalau jalan ini tembus, kesejahteraan masyarakat akan bertambah,” tandas Suyatno.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait