Pemprov Riau akan Revitalisasi 7 BUMD, Sekda: Kontribusi Rendah dan Kinerja Buruk

1334 views

Ladang minyak di Langgak yang dikelola PT SPR.

PEKANBARU (LintasRiauNews) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan merevitalisasi tujuh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki karena
dinilai masih belum mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Ketujuh BUMD milik Pemprov itu adalah PT Permodalan Ekonomi Rakyat, PT Pengembangan Investasi Riau, PT Sarana Pembangunan Riau, PT Askrida, dan PT Jamkrida, PT Riau Airlines dan PT Riau Petroleum. Dua BUMD terakhir ini malah tidak menyumbangkan deviden sama sekali.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi mengungkapkan tujuh BUMD tersebut telah mengajukan pernyataan modal sebesar Rp856 miliar dalam APBD 2017. Padahal, ‘track record’ pengelolaan perusahaan daerrah itu tidak baik.

Ahmad Hijazi

“Kontribusi BUMD masih sangat rendah karena buruknya tata kelola yang dilakukan oleh pengurusnya. Mereka tidak menerapkan transparansi dan akuntabilitas dan tidak mampu bersifat proaktif melaporkan keuangan kepada BPK,” jelas Hujazi di Pekanbaru, seperti dilansir senuju.cim, Rabu (25/1)/2017).

Menurut Sekdapov, kondisi tidak baik ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Tak ingin masalah itu jadi berlarut-larut, makanya Pemprov Riau akan segera merevitalisasi ketujuh BUMD tersebut. Antara lain dengan memperbaiki tata kelola dan manajemen BUMD sehingga lebih terbuka dan baik.

Namun, Ahmad Hijazi mengakui Riau juga memiliki beberapa BUMD yang mampu memberikan kontribusi yang baik terhadap perekonomian dan kesejahteraan.

Riau memiliki BUMD yang bergerak di sektor minyak bumi dan gas seperti PT Bumi Siak Pusako yang mengelola wilayah kerja minyak bumi Blok Coastal Plain Pekanbaru bersama dengan PT Pertamina.

Pemprov Riau mencatat sepanjang 2012-2013 lalu deviden yang diberikan perusahaan daerah mencapai Rp583 miliar. Sumbangan deviden paling besar dari PT Bank Riau Kepri senilai Rp412,18 miliar, disusul PT Bumi Siak Pusako Rp147,67 miliar.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait