Warga Ukui Pergoki Limbah Cair PKS PT Gandahera Dibuang ke Sungai

1258 views

Limbah cair berwarna pekat mengalir di Sungai Andan, Ukui.

PANGKALANKERINCI (lintasriaunews) – PT Gandahera Hendana, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, dipergoki warga setempat membuang limbah cair dari PKS -nya ke Sungai Andan.

Saat dipergoki, perusahaan tersebut membuang limbah cair pengolahan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) ke Sungai Andan. Warna cairan yang dikeluarkan hitam pekat dan menimbulkan aroma tidak sedap.

“Limbah berwarna hitam pekat dan beraroma tak sedap itu dibuang dan mengalir ke Sungai Andan,” kata Ketua Aliansi Masyarakat Ukui Dua (Amuda), Arry, Senin (2/1/2017), seperti dilansir GoRiau.com
Arry mengungkapkan, pagi sekira pukul 08:00 WIB dirinya mendapat informasi bahwa PT Gandaerah Hendana membuang limbah yang berwarna hitam dan menyengat ke Sungai Andan.

“Setelah kami telusuri ke aliran air, kita temukan air sungai sudah berwarna hitam pekan dan bau menyengat,” jelasnya.

Dikatakan Arry, masyarakat akan membawa persoalan tersebut ke pihak terkait, lantaran perusahaan secara serampangan telah membuang limbahnya ke sungai.

“Tentu persoalan ini akan kita bawa ke pihak terkait, agar ada sanksi tegas bagi perusahaan pembuang limbah,” tegas Arry didampingi Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Ukui Dua (Ikpelmuda), Ahmad Juki.

Terkait persoalan tersebut, sejauh ini belum ada tanggapan atau penjelasan dari pihak PT Gandahera. Humas perusahaan, Hendri Yupendius Victor, yang beberapa kali dihubungi melalui ponselnya oleh awak media untuk mendapatkan keterangan. tidak menjawab, [] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait