Demi ‘Cing Cui Co Shi’, Ratusan Juta Rupiah ‘Dibakar’ Masyarakat Tionghoa di Meranti

916 views

Ketua Makin Selatpanjang membakar petasan bersama sejumlah tokoh Tionghoan Meranti..

SELATPANJANG (LintasRiauNews) – Kalangan masyarakat Tionghoa Kabupaten Kepulauan Meranti rela menghamburkan uang hingga ratusan juta rupiah demi perayaan Hari Ulang Tahun Dewa Cing Cui Co Shi (Dewa Pembawa Rezki). Uang sebanyak itu habis ‘dibakar’ bersama petasan yang dibeli untuk memeriahkan perayaan Dewa Khonghucu itu.

Uang ratusan juta untuk pembelian petasan dan kembang api itu merupakan hasil sumbangan Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) Selatpanjang bersama Amir yang merupakan pengusaha sagu terbesar di daerah setempat.

Perayaan Ultah Dewa Khonghucu yang bertujuan untuk mendatangkan kebahagian serta rezeki melimpah bagi umatnya pada pada hari ke-6 Imlek ituberlangsung Rabu (01/02/2017) sekira pukul 21:00 WIB. Acara digelar di depan rumah Amir Sagu yang juga salah satui sponsor di JalaN A Yani Selatpanjang.

Pada prosesi perayaan ultah dewa mereka itu, Ketua Makin Selatpanjang Jupperen didaulat memasang petasan bersama tokoh muda Johnni Lin dan Atai selaku Bapak Lampion.

“Ratusan juta rupiah harga petasan yang kita bakar untuk merayakan Hari Ulang Tahun Cing Cui Co Shi ini,” ungkap Ketua Makin) Selatpanjang Jupperen di kediaman Amir Sagu, Kamis (2/2/2017), seperti dilansir Senuju.com.

Menurut Jupperen, selain untuk merayakan Ultah Dewa Cing Cui Co Shi, pembakaran kembang api dan petasan ini merupakan tradisi nenek moyang mereka. Bunyi petasan dipercayai bisa mengusir semua energi negatif dan akan mendatangkan energi positif.

“Mudah-mudahan di tahun yang akan datang kita bisa membuat peringatan ini lebih meriah lagi. Rezeki kita bisa melimpah dan kembali merayakan untuk para dewa,” ucapnya.

Pantauan di malam perayaan Ultah Dewa Khonghucu itu, terlihat ribuan masyarakat Selatpanjang menghadiri pembakaran petasan yang dilakukan di Kelenteng Tertua di Selatpanjang dan di depan Garuda Mas. Tak sedikit yang mendokumentasikan indahnya petasan dan kembang api tersebut dengan kamera ponselnya.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait