Minim Personil, Polsek Sei Sembilan Tetap Berupaya Maksimal Melayani Masyarakat

884 views

Ipda Mardiwel

DUMAI (LintasRiauNews) – Meski jumlah personil yang dimiliki masih minim dan tidak memadai dengan kondisi wilayah, toh Kepolisian Sektor Sei Sembilan tetap berupaya menjalankan tugas dan memberikan pelayanan hukum yang maksimal bagi masyarakat. Sebaliknya, dari masyarakat diharapkan mau berbagi informasi yang dibutuhkan.

“Untuk memberikan pelayanan hukum, kita selalu siap melayani masyarakat. Dengan demikian itentu diharapkan masalah keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Sei Sembilan bisa terjaga ,” kata KapolsekSei Sembilan AKP Tri Irwanmelalui Kanit Reskrim Ipda Mardiwel, SH, MH saat berbincang – bincang dengan LintasRiauNews di ruangkerjanya, baru-baru ini.

Saat ini,lanjut Kasat, personil yang ada hanya 24 orang, tentu saja sangat kurang, sementara Sei Sembilan memiliki wilayah sangat luas. “Makanya, kami harus bekerja ekstra dan serius agar bisa melayani masalah hukum yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Mardiwel.

Menurut dia, salah satu cara menyiasati kekurangan personil tersebut, pihaknya mengadakan pendekatan dengan masyarakat secara intens dan persuasif. Sehingga bagaimana masyarakat mau berbagi (sharing) yang diperlukan sdalam menangani berbagai kasus pelanggaran hukum yang tejadi

“Kami tentu butuh informasi yang banyak, makanya info sekecil apa pun dari masyarakat bisa kami terima,” ujar Ipda Mardiwel yang saati ini sedang melanjutkan studi S3 itu.

Lewat langah persuasiff yang dilakukan, Kasat berharap masalah keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Sei Sembilan selalu kondusif.

“Sebagai aparat hukum kami harus melayani secara optimal apabila masyarakat membutuhkannya. Kami juga siap untuk sharing informasi masalah hukum dengan masyarakat, dan ini sudah jadi kebijakan Kapolri,” tuturnya.

Ipda Meldiwan menjelaskan saat ini di wilayah Polsek Sei Sembilan da 5 Bhabikamtibmas yang menjadi ujung tombak pelayanan hukum di tengah masyarakat. Yakni Bhabikamtibmas Bangsal Aceh, Bhabikamtibmas Lubuk Gaung, Bhabikamtibmas Tanjung Penyebal, Bhabikamtibmas Basilam Baru dan Bhabikamtibmas BatuTritip..

“Kami juga selalu mengarahkan kepada seluruh Bhabikamtibmas yang ada di Sei Sembilan ini agar selalu berkoordias dan intens mengadakan pendekatan dengan masyarakat,” ungkap Mardiwel.

Disinggung kasus pelanggaran hukum yang menonjol dan sering ditangani PolsekSei Sembilan, Mardiwel mengatakan kasus tindak kriminal yang cukup mendominasi di antaranya pencurian sawit, pencurian di perusahaan–perusahaan yang beroperasi di daerah ini, disamping kasus judi dan narkoba.

Untuk kasus – kasus kenakalan remaja, juga masih ada terjadi. Seperti menghisap lem dan narkoba. Pihaknya sendiri, sebut Mardwiel, sering mengadakan dan kerjasama dengan pihak sekolah untuk memberikan penerangan kepada anak didik remaja khususnya di tingkat SLTP dan SLTA yang dinilai masih labil dan mudah terpengaruh lingkungan.

“Kita cukup sering mendatangi sekolah –sekolah untuk memberikan pemahaman dan nasehat supaya remaja jangan mengkonsumsi lem dan berbagai jenis narkoba. Lem itu juga malah lebih berbahaya daripada narkoba,” terangnya.

Sekaitan itu, Kasat mengimbaun para pedagang bangunan untuk lebih selektif dalam menjual lem. “Jika anak-anak sekolah yang membeli kalau dapat jangan dilayani,” tandas Mardiwel yang berasal dari Palembang itu. [] (sarmon/toga/maimanah).

Bagikan ke:

Posting Terkait