Selesai Sehari, Dewan Kritik Musrenbang RKPD Bengkalis 2018 yang Dibuka Gubri

767 views

Gubri didampingi Bupati Amril Mukminin saat membuka Musrenbang Bengkalis 2018.

BENGKALIS (LintasRiauNews) – Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja dan Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis 2018 disorot dan dikritik kalangan Anggota DPRD setempat.

Azmi RF

Kegiatan Musrenbang dan RKPD 2018 resmi dibuka Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman, Senin (6/3/17) kemarin itu, dinilai hanya kegiatan seremonial dan tidak mengarah pada substansi dan tujuan dari kegiatan itu sendiri.

“Kegiatan Musrenbang itu isinya hanya pidato gubernur, Bappeda provinsi dan Bappeda kabupaten. Bagaimana tidak (serimonial), dalam sehari kegiatan tersebut juga selesai,” ungkap Anggota DPRD Bengkalis Azmi R Fatwa kepada wartawan, Selasa (7/3/17).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga dibuat sangat kecewa, karena ketika Selasa (7/3/17) itu, dirinya atas nama wakil rakyat datang ke tempat acara Musrembang berlangsung , ternyata kegiatan tersebut telah selesai.

“Saya protes keras kondisi ini, kalau semalam itu dianggap Musrenbang. Padahal hanya pembukaan saja,” katanya dengan nada kecewa, seperti dilansir riauterkini.com.

Menurut Azmi, seharusnya dalam kegiatan Musrenbang membahas aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui Musrenbang tingkat desa sampai kecamatan.

Selain itu, lanjut dia, dalam Musrenbang mestinya juga mempertemukan tiga keinginan besar antara visi misi bupati, aspirasi dari masyarakat dan aspirasi lainnya.

Tak Bahas Program
Sebelumnya, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan Musrenbang tahun 2017 yang merupakan bagian dari proses penyusunan RKPD tahun 2018. tidak lagi membahas program dan kegiatan secara detail.

“Karena substansi program dan kegiatan telah dibahas pada pra Musrenbang minggu lalu,” ujar Bupati dalam sambutannya saat pembukaan Musrenbang di aula lantai IV, kantor Bupati Bengkalis, Senin.

Amril menjelaskan Musrenbang ini hanya merumuskan kesepakatan hasil Pra Musrenbang dan mendengarkan pemaparan dari narasumber yang nantinya akan menjadi masukkan bagi penyempurnaan RKPD Kabupaten Bengkalis, tahun 2018.

“Kesempatan baik ini harus kita manfaatkan dalam menyatukan berbagai pandangan dan masukkan agar lebih terfokusnya arah pembangunan di Kabupaten Bengkalis, tahun 2018. Fokus kepada tujuan yang ingin kita capai dengan tetap menjamin kesinambungan pembangunan daerah secara menyeluruh,” papar Bupati Amril. [] red007

 

Bagikan ke:

Posting Terkait