Tahun ini Pusat Kucurkan Dana Bandes Rp800 Juta untuk Tiap Desa di Bengkalis

1324 views

BENGKALIS (LintasRiauNews) – Pemerintah Pusat tahun ini kembali mengucurkan dana bantuan desa untuk seluruh desa di Kabupaten Bengkalis. Jumlahnya naik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu berkisar Rp 800 juta lebih per desanya.

“Untuk tahun ini, dana desa dari pusat untuk desa di Bengkalis
ini naik jadi Rp800 juta lebih,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan
Masyarakat dan Desa, Ismail dalam keterangannya kepada media di Bengkalis, Senin (20/3)

Dia mengungkapkan pada tahun 2016 lalu, kucuran dana desa dari pusat untuk desa di daerah itu berkisar antara Rp 600 juta hingga Rp700 juta perdesanya. Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Alokasi Dana Desa (ADD) berjumlah Rp1,5 miliar per desa.

“Untuk penggunaan dana desa, dari laporan yang diterima seluruh desa sudah menggunakan dana desa dengan baik dan benar, semuanya terealisasi 99.9 persen,” jelas Ismail, seperti dilansir antarariau.

Dia menjelaskan dana Desa yang bersumber dari pusat untuk seluruh desa yang berjumlah 136 desa se Kabupaten Bengkalis pada 2016 lalu itu sebesar Rp 96.6 miliar. Dari jumlah tersebut dia mengatakan hanya bersisa sebesar Rp 40 ribu.

“Ini artinya penggunaan dana desa di pemerintah desa sudah dilakukan dengan baik dan benar, sehingga masyarakat desa benar-benar merasakan manfaatnya,” papar Ismail.

Mengenai pengawasan dana desa yang dikucurkan pemerintah, di antaranya dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan bekerjasama dengan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Bengkalis.[] redoo7

Bagikan ke:

Posting Terkait