7 Obyek Wisata & Kuliner Riau Masuk Daftar Anugerah Pesona Indonesia 2017

1278 views

Pasar Bawah Pekanbaru

PEKANBARU, LintasRiauNews -Tujuh obyek wisata Riau masuk daftar penerima anugerah pesona Indonesia 2017 yang ditaja Kementerian Pariwisata RI. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dalam pengembangan potensi pariwisata daerah.

Wisata yang membanggakan daerah itu meliputi Pasar Bawah Pekanbaru untuk Objek Wisata Belanja Terpopuler, Laksamana Mengamuk untuk Minuman Tradisional Terpopuler. Lalu, Festival Pacu Jalur Kuantan Singingi masuk kategori Festival Pariwisata Terpopuler.

Selanjutnya, iven wisata Bakar Tongkang Bagansiapiapi masuk nominasi Atraksi Budaya Terpopuler, Bono Pelalawan masuk kategori Tempat Berselancar Terpopuler.

Sementara untuk makanan khas Riau Bolu Berendam masuk kategori Makanan Tradisonal Terpopuler dan Siak Siak Sri Indrapura Masuk kategori Situs Sejarah Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia.

Apresiasi dalam pengembangan potensi pariwisata daerah itu ditaja Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan laman www.ayojalanjalan.com.

Untuk pemilihan, penyelenggara mengajak masyarakat untuk aktif memilih nominator destinasi terbaik Indonesia. Pilihan public melalui online itu akan diapresiasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar, Esthy Reko Astuti, hal yang diperbaiki antara lain memperbanyak kategori. Tahun lalu hanya 10, tahun ini menjadi 15 kategori.

“Lalu menambah fasilitas akses untuk memudahkan masyarakat melakukan vote, memberikan kesempatan luas kepada seluruh Pemda (Pemprov/Pemkot/Pemkab) untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam ajang tersebut,” kata Deputi Esthy.

Menurut dia, penyempurnaan ajang API II itu sangat penting untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata nusantara. Juga mendorong Pemda agar semakin rajin dan agresif mempromosikan destinasinya.

“Tahun ini ada reward istimewa untuk destinasi yang berhasil membangun, mempromosikan, memajukan pariwisata di daerahnya. Silakan voter via website ayojalanjalan.com. Siapapun boleh memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik ataupun terpopuler menurut pendapat masing-masing individu. Tua-muda, laki laki-lakinya,, wisman-wisnus, semua boleh berpartisipasi,” papar Esthy Reko Astuti.

Kadis Pariwisata Riau Fahmizal, sebagaimana dilansiri riausky.com. menyambut baik masukan beberapa wisata unggulan Riau dalam iven national tersebut. Diharapkan, hal tersebut menjadi motivasi untuk terus mengembangkan sektor pariwisata agar lebih mendunia.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait