Program Penyedia Air Bersih, Wako Dumai Optimis Segera Beroperasi

521 views

Wako Dumai Zul As dan dua buapat lainnya bersama Gubri saat Groundbreaking air bersihdi Kec. Tanah Putih Rohil.

Dumai, Riau (LintasRiauNews) – Dengan sudah adanya peletakan batu pertama (Groundbreaking) proyek penyediaan air bersih oleh Gubernur Riau di Kabupaten Rokan Hilir, Pemerintah Kota Dumai pun optimistis program tersebut di daerah ini akan segera terwujud

“Kita bersyukur atas perjuangan selama ini dan Dumai sangat siap untuk kegiatan penyelenggaraan sistem penyediaan air minum,” kata Wali Kota Dumai Zulkifli As di Dumai, Selasa.

Ia mengatakan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Riau, Pemkot Dumai, Pemkab Rokan Hilir dan Pemkab Bengkalis menyepakati kerja sama dalam pelaksanaan pembangunan sistem penyediaan air minum regional Dumai Rohil Bengkalis (Durolis).

Pembangunan sistem penyediaan air minum regional Durolis ini dilaksanakan di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rohil dengan sumber air baku dari Sungai Rokan.

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat peletakan batu pertama Proyek SPAM Durolis berharap pembangunan agar dapat dilaksanakan secepatnya karena sangat dinantikan masyarakat.

Menurutnya, upaya Pemerintah Riau bersama Kementerian PUPR dan tiga pemerintah kabupaten kota secara sinergi akan mewujudkan pelayanan air minum layak bagi warga di daerah tersebut.

“SPAM regional Durolis diambil dari Sungai Rokan dengan berbagai proses penyulingan dan untuk tahap pertama akan menelan biaya Rp800 miliar bersumber dari pembagian anggaran,” kata Arsyadjuliandi.

Ia menyebutkan pada tahap pertama, enam kecamatan di Dumai terlebih dulu akan menikmati air bersih yaitu Kecamatan Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan.

Sedangkan air bersih ditargetkan rampung dan dapat dinikmati warga pada 2019 itu akan menyentuh empat kecamatan di Kabupaten Rohil dan dua di Kabupaten Bengkalis.

“Pembangunan jaringan pipa distribusi cukup panjang untuk melayani Dumai hingga ke Kota Duri Bengkalis, dan ditargetkan akhir 2019 sudah dapat dinikmati,” ungkapnya.* ant, toga

Bagikan ke:

Posting Terkait