PT Ciliandra Ingkari Kesepakatan Soal Portal, Ini yang akan Dilakukan Bupati Kampar

1762 views

Portal masih terpasang di jalan kawasan kebun PT Ciliandra.

BANGKINANG (LintasRiauNews) – Janji PT Ciliandra Perkasa untuk membuka portal yang dipasang di jalan lintas Desa Siabu dengan Lipat Kain paling lambat 20 September 2017 ternyata tidak dipenuhi. Hingga Jumat (22/9/2017) portal itu masih terpasang di areal perusahaan yang berada di jalan yang menjadi akses masyarakat dua desa tersebut.

Padahal, pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit itu telah berjanji untuk membuka portal yang dipasang dan menjadi salah butir kesepakatan yang dibuat dengan Bupati Kampar Azis Zaenal, masyarakat dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Pantauan di lapangan, seperti dilansir goriau.com, hingga menjelang shalat Jumat terlihat portal jalan tersebut masih terpasang. Di sekitar portal,dijaga oleh sekitar 10 orang petugas keamanan yang mengenakan pakaian berwarna biru tua. Satu di antara mereka, ada juga yang mengenakan pakaian seragam loreng TNI.

Saat beberapa wartawan hendak masuk untuk menemui pihak manajemen perusahaan, salah seorang petugas menyebut tak ada pimpinan di kantor. Katanya, manajemen perusahaan sedang berada di luar.

”Manajer sedang cuti. Istrinya melahirkan,” katanya. Sedangkan ditanya pihak perusahaan yang lain untuk bisa dikonfirmasi mengenai penanggalan portal itu, dia menyebut tak ada.

Bupati Kampar Azis Zaenal, yang ditemui awak media usai Shalat Jumat di Masjid Islamic Centre Bangkinang terlihat agak kaget mendengar informasi soal portal yang tak kunjung dilepaskan oleh pihak perusahaan. Dia berjanji akan segera berkoordinasi dengan forkopimda.

“Oo.. masih di pasang, okelah saya akan koordinasi dengan Forkopimda untuk mencarikan langkah apa yang akan diambil. Kita akan koordinasi pada Senin (26/9/2017) mendatang,” kata Azis.

Sebelumnya, persoalan masyarakat dengan perusahaan PT Ciliandra, telah melahirkan kesepakatan. Kesepakatan itu lahir setelah diadakan rapat fasilitasi di ruang rapat bupati Kampar, Rabu (13/9/2017).

Rapat ini dipimpin langsung Bupati Kampar H Azis Zaenal didampingi Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Hadir juga forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Camat Salo Marzali, Plt Camat Kampar Kiri, Salman Djamaludin, Kepala Desa Siabu, Heri A Firdaus dan belasan perwakilan masyarakat.

Hanya saja dari pihak perusahaan tidak dihadiri orang yang bisa mengambil kebijakan atau pimpinan tertinggi PT Ciliandra Perkasa. Hadir mewakili perusahaan Chief Security, Alfian.

Ada tiga kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara hasil rapat koordinasi PT Ciliandra dengan Pemkab Kampar bersama masyarakat.
Pertama adalah, PT Ciliandra Perkasa setuju untuk membuka portal dan akan diberitahu manajemen PT Ciliandra Perkasa ke Pemkab Kampar paling lambat 20 September 2017.

Kedua, PT Ciliandra setuju mengakomodir tuntutan masyarakat untuk memberi kebun pola KKPA. Ketiga, Pemkab akan membentuk tim pembagian kebun pola KKPA dengan mengikutsertakan kepala desa, tokoh masyarakat dan ninik mamak.

Berita acara hasil rapat fasilitasi ini ditandatangani 12 orang termasuk Bupati Kampar H Azis Zaenal. Turut pula meneken Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Chief Security PT Ciliandra Perkasa Alfian AR, Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto, Komandan Batalyon Infanteri 132 Bima Sakti Mayor Infanteri Aidil Amin.

Selanjutnya, Kajari Kampar Dwi Antoro, Kasdim 0313 KPR Mayor Harmen Amzamal, Camat Salo Marzali, Plt Camat Kampar Kiri Salman Djamaludin, Kepala Desa Siabu Heri A Firdaus, Sekdes Siabu Nurbaini dan tokoh masyarakat Salman.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait