Tahun Ini Pemprov Tetap Alokasikan Dana Bantuan untuk Desa-desa, Berikut Rincian Tiap Kabupaten/ Kota

831 views

PEKANBARU (LintasRiauNews) – Pemerintah Provinsi Riau memastikan tetap menyalurkan dana bantuan kepada desa-desa (ADD) di wilayahnya pada tahun ini. Pengalokasiannya melalui Bantuan keuangan pemerintah Provinsi yang dananya ditransfer melalui rekening pemerintah kabupaten dan kota di Riau.

Kepastian tersebut disampaikan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam akun resminya Andi Rachman yang diunggah pada Selasa (19/9/2017)
Gubri merasa perlu menjelaskan kembali terkait banyaknya pertanyaan dari masyarakat khususnya pemerintah desa dalam berbagai kunjungan yang dia lakukan ke daerah-daerah terkait alokasi dana desa Pemprov Riau.

”Dalam berbagai kesempatan kunjungan kerja, masih banyak masyarakat yang bertanya langsung kepada saya apakah masih ada dana bantuan desa Provinsi Riau, maka jawabnya ada,” kata Andi.

”Dapat saya jelaskan, pada tahun 2016 dan 2017 lalu, dana bantuan untuk Desa dari Pemprov Riau kita beri nama Bankeu (Bantuan Keuangan). Hanya saja ada perubahan mekanisme dalam penyalurannya,” sambungnya.

Jika sebelumnya dana bantuan tersebut di transfer langsung ke Rekening Desa, lanjut Andi, maka pada tahun 2016 dan 2017 lalu, dana ditransfer ke Rekening kabupaten/kota. ”Kemudian dari kabupaten/kota yang akan mengaturnya atau menentukan penggunaan Bankeu tersebut, apakah untuk membangun jalan desa, fasilitas air bersih atau infrastruktur desa lainnya,” terangnya.

Untuk tahun 2016 lalu, total Bankeu Pemprov Riau untuk 12 kabupaten/ kota se-Riau sekira Rp 1,4 triliun. Lalu untuk tahun 2017, totalnya Rp 564,24 miliar. Perinciannya sebagai berikut:

Pekanbaru (Rp 15,4 M), Kampar (Rp 57 M), Bengkalis (Rp 45,6 M), Inhu (Rp 29,5 M), Inhil (Rp 74,7 M), Kuansing (Rp 40,5 M). Selanjutnya Dumai (Rp 61,6 M), Rokan Hulu (Rp 77,1 M), Rokan Hilir (Rp 81,4 M), Pelalawan (Rp 24,3 M), Siak (Rp 47,1 M) dan Meranti (Rp 9,7 M).

Gubri juga menjelaskan jika memang para kepala desa lebih memilih mekanisme penyaluran bantuan untuk desa dengan cara ditransfer langsung ke rekening desa, maka pihaknya atas nama Pemprov Riau tidaklah berkeberatan.

”Karena bagi saya yang terpenting memastikan bagaimana agar dana bantuan untuk desa benar-benar bisa dinikmati oleh masyarakat desa,” kata Andi Rachman.* rsc, red007

 

 

Bagikan ke:

Posting Terkait