Bhabinkamtibmas ini Ajak dan Ajarkan Kaum Ibu Inhil Buat Dodol dari Sawit

1417 views

Brigradir Inggit dan dodol khas yang diolah dari umbut sawit.

TEMBILAHAN (LintasRiauNews) – Peran Bhabinkamtibmas saat ini bukan hanya berkutat sebagai pengemban fungsi menjaga situasi Kamtibmas di desa tempat mereka bertugas agar tetap aman dan tenteram. Perannya justru sangat luas, di antaranya adalah problem solving atau mencarikan solusi dalam berbagai persoalan masyarakat.

Tak jarang pula, Bhabinkamtibmas juga bertindak sebagai motivator dan tempat masyarakat mengadukan berbagai masalah. Seperti yang telah dilakukan oleh Brigadir Inggit Heryanto, SH. Brigadir Polri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Lubuk Besar Kecamatan Kemuning ini, mencoba berinovasi dengan memanfaatkan umbut kelapa sawit jantan sebagai bahan baku untuk produk makanan.

Pohon sawit yang tidak bisa berproduksi maksimal, umumnya kemudian ditebang dan ditumbangkan. Biasanya, yang diambil umbutnya saja untuk sayur hidangan makan oleh masyarakat.

Melihat banyaknya bahan baku dari sawit tersebut terbuang padahal bisa dimanfaatkan, Brigadir Inggit berinisiatif mengajak ibu – ibu PKK Desa Lubuk Besar Kecamatan Kemuning untuk mengumpulkannnya. Lalu, dia menunjukkan cara membuat dodol dengan bahan dasar umbut sawit.

Bahkan, personil Polri kelahiran Rengat, 16 Oktober 1986 itu, langsung turun tangan, memotong sawit dan mengajarkan ibu-ibu cara pembuatan dodol. Seperti yang dilakukan bapak dari 2 orang putri ini dengan menggelar demo pembuatan dodol di Dusun Kemang Pelita Desa Lubuk Besar, Selasa (7/11/2017).

Ide kreatif Brigadir Inggit itu mendapat sambutan hangat dari Kepala Desa Lubuk Besar Ahmad Samadi dan Sekdesnya Syafriadi. Kedua petinggi Desa itu, yang turut memonitor kegiatan tersebut, dan berharap dodol yang dihasilkan itu, akan menjadi makanan khas setempat sekaligus menambah kekayaan khazanah kuliner Indragiri Hilir.* herman

Bagikan ke:

Posting Terkait