Kaum Ibu di Inhil Dibekali Pengetahuan Masalah Kependudukan hingga Kesehatan

894 views

Bupati HM Wardan saat pembukaan kegiatan sosialisasi.

TEMBILAHAN (LintasRiauNews) – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Inhil bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK menggelar kegiatan sosialisasi di kalangan kaum ibu yang tergabung dalam berbagai organisasi.

Kegiatan yang bertajuk Pembinaan Peningkatan Pemberdayaan Perempuan yang berbentuk sosialisasi ini dilaksanakan di gedung Wanita, Tembilahan, Kamis (16/11/17) pagi.
Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Inhil HM Wardan ini bertujuan memberi bekal pengetahuan terkait sejumlah masalah penting yang perlu diketahui dan dipahami bagi kaum wanita.

Selain Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil Hj Zulaikhah Wardan, juga hadir sejumlah Kepala OPD, di antaranya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ahmad Ramani, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yulizal, Kepala Bappeda Tengku Juhardi dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Junaidi, serta pengurus dan anggota organisasi wanita yang ada di Kabupaten Inhil.

Adapun pokok materi yang disampaikan kepada para peserta berupa hal-hal yang berkenaan tentang administrasi kependudukan, penyelenggaraan pilkada dan terkait tes Infeksi Visual Asam test atau IVA Test.

Bupati HM Wardan dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini dan mengimbau para peserta yang hadir agar dapat menyalurkan dan memberikan kembali ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui kegiatan ini kepada kaum ibu di lingkungan nantinya.

“Semoga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan sesuai yang dinginkan, sukses dan lancar, serta dapat dirasakan manfaatnya bagi keluarga kita dan masyarakat setempat,” harap bupati.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil Hj Zulaikha Wardan dalam sambutannya menilai kegiatan tersebut sangay bermanfaat. Melalui sosialisasi tersebut, ia menyebut bisa memberikan pemahaman kepada kaum ibu, termasuk seputar penyelenggaran Pilkada. Terlebih, mayoritas kaum ibu apatis terhadap hal-hal yang berbau politik.

“Sosialisasi Administrasi Kependudukan ini juga merupakan salah satu yang pendukung dalam tahap Pilkada nantinya, seperti KTP, KK, dan Akta Kelahiran,” kata Zulaikhah Wardan.

Ibu bupati menambahkan, dalam kegiatan yang juga membahas tentang Infeksi Visual Asam (IVA) test ini, ditujukan untuk memberikan jaminan kesehatan reproduksi kepada para wanita.

“IVA test juga merupakan sebuah program yang sedang gencar dijalankan dan itu adalah salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil ini,” ungkapnya.

Zulaikhah yang juga adalah Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Inhil ini berharap kegiatan sosialisasi tersebut dapat berjalan sesuai yang harapan. “Dan hasilnya dapat kita disebarluaskan bersama melalui para peserta yang mengikuti kegiatan saat ini,” ujarnya.* herman

Bagikan ke:

Posting Terkait