LSM Alam Semesta Riau (Asri) Meminta PT SDO Lubuk Gaung Dumai Menghentikan Aktivitas Galian C

622 views

 

Direktur Eksekutif LSM ASRI,Verdi Elfarian

DUMAI,LintasRiauNews.com – Tugas menjaga Bumi ini mesti dilakukan oleh semua pihak melibatkan pemerintah, masyarakat, swasta dan pihak-pihak lain nya.

Kelestarian alam dan ekosistem hayati merupakan hal yang mesti diprioritaskan penanganan nya, karena bumi kita ini masih akan dipakai oleh generasi kita selanjutnya.

Ketika ada pihak yang inkonsisten dalam menjaga alam ini, tentunya kita semua akan bergerak untuk memberikan peringatan dan menunjukkan arah yang benar.

Dalam 1 (satu) pekan terakhir ini, Kota Dumai di hebohkan oleh salah satu perusahaan ternama yang melakukan operasional di Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.
Adapun kegiatan yang mereka lakukan adalah melakukan penambangan /pengerukan tanah ( Galian C).

Dari informasi yang di himpun aktivitas Penambangan tanah tersebut di duga Illegal atau tidak mengantongi perizinan yang semestinya di keluarkan oleh institusi yang berwenang.

LSM Alam Semesta Riau (ASRI) yang memfokuskan dalam pemeliharaan lingkungan hidup turut berkomentar terkait permasalahan ini.

Verdi Elfarian selaku Direktur Eksekutif LSM ASRI saat ditemuai awak media Senin (12/07/2021) mengatakan, seharus nya PT Sari Dumai Oleo (SDO) menyelesaikan dulu dokumen-dokumen resmi dalam melakukan aktivitas pengembangan usaha.

” Jangan karena ingin berinvestasi, aturan aturan dilabrak . PT. SDO harus bertanggung jawab secara hukum atas kerusakan alam yang di akibatkan aktivitas galian C yang kuat dugaan illegal,” kata Verdi menambahkan.

Menurut pantauan LSM ASRI dilapangan, tanah timbun tersebut di ambil di koordinat Lat 1°36´58ʺN Long 101°22´5ʺE dan kemudian di bawa ke Kecamatan Sungai Sembilan untuk di timbun di areal pabrik nya.

Untuk itu “kami LSM ASRI meminta kepada pihak yang berwajib ( POLRI) untuk menutup aktivitas galian C tersebut dan memberikan sangsi kepada pihak pihak yang terlibat pungkas Verdi Elfarian Duani ** (rls./Toga)

Bagikan ke:

Posting Terkait