Kepala BPIP RI Tetapkan Purna Paskibraka Riau Sebagai Duta Pancasila

414 views

 

RIAU,LintasRiauNews.com — Kepala BPIP RI, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph. D menetapkan purna paskibraka tahun 2021 sebagai Duta Pancasila. Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BPIP RI Nomor 183 Tahun 2021 yang diselenggarakan di Gedung Aula Kantor Gubernur Provinsi Riau, Kamis (2/12).

Dalam pidatonya, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga yang sekaligus alumni Harvard University berpesan bahwa tugas purna pasbikraka belum selesai karena hari ini anggota purna paskibraka akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila. “Penetapan ini bermakna bahwa adik-adik purna paskibraka wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika”, pungkasnya.

Anggota purna paskibraka juga diharapkan dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Terutama dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, Kebangsaan, Persatuan, dan Kesatuan, Cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara”, tutupnya saat memberikan arahan kepada anggota purna paskibraka.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Riau, Drs. H. Syamsuar., M.Si memberikan apresiasi yang tinggi kepada Profesor Yudian beserta rombongan yang telah berkenan menyambangi Riau. Ia berharap kehadiran Profesor Yudian di Riau dapat memberikan bekal dan arahan kepada masyarakat Riau untuk senantiasa menjaga dan mengimplementasikan Pancasila sebagai ideologi yang tidak terpisahkan dari laku dan tindakan.

Sejalan dengan itu, H. Syamsuar mendukung secara penuh keberlangsungan penetapan purna paskibraka sebagai Duta Pancasila sebagai sebuah pendekatan kekinian yang dapat merangkul para pemuda untuk menjadi agen-agen dalam pembumian Pancasila. “Nilai-nilai luhur Pancasila harus menjadi panduan serta inspirasi bagi seluruh anak bangsa terutama kaum muda untuk berkarya, harapan kami agar mereka yang dilantik dapat menjadi motivator bagi anak muda lainnya agar dapat memberikan sumbangsih bagi keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia”, tegasnya.

Pengucapan ikrar purna paskibraka sebagai Duta Pancasila dipandu oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI, Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M yang juga didampingi oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Dr. Baby Siti Salamah, S.Psi., M.Psi dan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP RI Romo Benny Susetyo.**(ade)

Bagikan ke:

Posting Terkait