Pengurus DPW SPI Sumut Terima SK dari Bakesbangpol

251 views

 

MEDAN,LintasRiauNews.com – Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Solidaritas Pers Indonesia) Pardamaean Napitupulu menerima Surat Keterangan (SK) dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Jendral Gatot Subroto No.391 Medan, Rabu (26/10/2022).

SK Laporan keberadan DPW SPI ini di serahkan oleh Kepala Kesbangpol Hary, S.STP., M.SC yang diwakili oleh staf bagian organisasi Bakesbangpol Rico kepada ketua DPW SPI Pardamaean Napitupulu di dampingi bendahara Dewi Febrianti dan Kepala Bidang Organisasi dan Kelembagaan Joni Barus.

Pada kesempatan tersebut Rico memberikan pencerahan tentang kewajiban Organisasi dan penggunaan aplikasi Kesbangpol di Instagram.

“Seluruh aktivitas kegiatan organisasi dapat di lakukan melalui aplikasi Kesbangpol yang ada di Instagram dan ini wajib,” terangnya.

Dijelaskan Rico, Kesbangpol akan memantau kegiatan organisasi sejak awal pendaftaran hingga enam bulan pertama melalui aplikasi Kesbangpol di Instagram tersebut.

“Dalam enam bulan setelah laporan keberadaan atau pendaftaran organisasi Kesbangpol akan melihat apakah organisasi tersebut aktif atau tidak,” imbuhnya.

Lanjut Rico lagi, “Apabila dalam enam bulan suatu organisasi tidak ada melakukan kegiatan, Kesbangpol tidak akan rekomendasikan organisasi tersebut dalam undangan acara resmi di intansi, seperti di Kantor Gubernur,” terangnya.

Ditambahkan Rico, untuk Organisasi Pers kegiatan dapat dilakukan dalam bentuk yang berhubungan dengan media, seperti sosialisasi Hukum dan Etika Pers kepada Komunitas, Kampus dan Sekolah.

Sesuai dengan PP nomor 58 tahun 2016 tentang pelaksanaan UU no.17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan, Rico mengingatkan agar melakukan pembaharuan SK Laporan Keberadaan pada tahun 2026.

Ketua DPW SPI Pardamaean Napitupulu mengatakan siap melaksanakan arahan dari Bakesbangpol Sumut dan akan terus aktif melakukan kegiatan orgasisasi SPI Sumut.

“Sesuai dengan komitmen saya pada pelantikan SPI, saya akan konsekwen mengikuti arahan dan kerjasama dengan Bakesbangpol untuk membesarkan SPI di Sumatera Utara,” tandasnya.

Acara perimaan SK Laporan Keberadaan Organisasi ini diakhiri dengan foto bersama Ketua DPW SPI Sumut, bendahara dan Kabid Organisasi kelembagaan dengan staf Bakesbangpol Sumut.

Sumber : DPW-SPI Sumatera Utara

Bagikan ke:

Posting Terkait