Uji Coba Operasional Tol Penang Gubri Ingatkan Kesiapan Fisik Dan Kendaraan

298 views

PEKANBARU,LintasRiauNews.com – Uji coba operasional tol Pekanbaru-Bangkinang (Penang) resmi dimulai. Uji coba operasional ini ditandai dengan penempelan kartu masuk tol pintu gerbang tol Bangkinang.

Adalah Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar orang pertama yang melakukan penempelan kartu elektronik sebelum melalui akses bebas hambatan sepanjang 31 kilometer menuju Kota Pekanbaru. Kemudian diikuti Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal.

“Hari ini operasional jalan tol Pekanbaru-Bangkinang baik dari Pekanbaru maupun dari Bangkinang resmi beroperasi. Tapi ini sifatnya masih sementara,” kata Gubri, Kamis (27/10/22).

Pembukaan operasional sementara tol Penang tepat dimulai pukul 07.00 WIB. Sejumlah pejabat tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat provinsi dan Kampar juga turut menyertai serimonail uji coba tol Penang ini.

Pelaksanaan uji coba operasional tol Penang ini, dua jalur baik dari arah Bangkinang ke Pekanbaru mau pun sebaliknya difungsikan. Berbeda ketika pembukaan operasional sementara ketika lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah lalu, hanya satu jalur. Pasalnya, pekerjaan fisik belum tuntas 100 persen.

“Sekarang masih gratis. Tarip harga belum jalan,” ujar Gubri.

Meski begitu, orang nomor satu di Riau ini menyatakan untuk melalui tol Penang ini, wajib menggunakan kartu elektronik.

Lebih lanjut, Syamsuar menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat  dapat memanfaatkan tol Penang sebaik-baiknya. Di antaranya dengan tetap memperhatikan kesiapan fisik kendaraan dan termasuk keselamatan pengandara itu sendiri.

Mantan Bupati Siak ini juga berharap setiap pengguna akses jalan bebas hambatan kedua di Riau setelah Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) memperhatikan rambu-rambu yang ada di tol. Termasuk kecepatan kendaraan.

Rentetan kasus kecelakaan yang terjadi di tol Permai selama ini, salah satunya disebabkan kecepatan diatas maksimum ditentukan, yakni 80 km perjam.

“Patuhi aturan. Perhatikan kecepatan yang sudah diatur,” ungkap Syamsuar.

Gubri mengatakan, sebelum jalan tol Pekanbaru-Bangkinang diresmikan, agar hendaknya jalan tol ini dimanfaatkan terlebih dahulu secara gratis untuk masyarakat.

“Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka masih gratis, atau tarif tolnya belum jalan. Tapi masuk tol tetap pakai kartu elektronik tol. Artinya ini uji coba, jadi gratis. Tapi untuk uji coba berapa lamanya belum ditetapkan sampai kapan. Yang jelas nanti ada petunjuknya,” terangnya.

Lebih lanjut Gubri menyampaikan, untuk uji coba operasional jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka dua jalur sekaligus.

“Harapan kami dengan dibukanya jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, kepada masyarakat Riau maupun Sumatera Barat agar dapat menjaga keselamatan dengan memperhatikan kecepatan kendaraan, serta patuhi rambu-rambu tol, kemudian cek kesiapan kendaraan seperti ban. Termasuk kapasitas muatan, kalau over muatan tidak dibolehkan masuk tol,” tukasnya.

Sumber : InfoPublik.id

Bagikan ke:

Posting Terkait