Semangat Pengabdian Mahasiswa KKN UNRI Bimbing Belajar Gratis Tingkatkan Kualitas Anak Di Masa Pandemi Covid -19

696 views

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — Pandemi Covid-19 yang masih menyebar hingga saat ini membuat kegiatan belajar mengajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi dilakukan secara daring, situasi ini tentunya sangat berdampak pada kondisi fisik maupun mental dari para siswa tersebut.

Dengan demikian banyak siswa
merasa tugas yang diberikan dari guru sangat banyak dan membebani para siswa tersebut

Selain itu kerinduan mereka akan sekolah dengan suasana belajar-mengajar langsung dan tingkat pemahaman siswa yang disampaikan sekolah secara daring menjadi perhatian Mahasiswa KKN UNRI

Salah satunya yaitu mengadakan bimbingan belajar(bimbel) gratis pada Anak-anak siswa Sekolah Dasar (SD) dilikungan RT 04 RW 05 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya

Kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan Mahasiswa KKN UNRi terhadap para siswa  sekolah dasar dilikungkan kegiatan Mahasiswa KKN  tersebut merupakan pengambdian dan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Mahasiswa KKN UNRI.” jelas Kurniawan Ketua Kelompok Mahasiswa KKN UNRI, kepada media LintasRiauNews.com,Senin (16/08/2021)

Lebih lanjut di katakan Kurniawan kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNRI di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya dilaksanakan dari tanggal 6 Juli hingga 21 Agustus 2021, dengan Dosen pendamping lapangan bapak Drs. Endang Sutrisna, M.Si. Sementara kegiatan yang dilaksanakan berupa pengabdian yang berfokus pada tiga tema utama berupa, Tema New normal, Tema Literasi serta Tema Unggulan, lalu dari ketiga tema ini menghasilkan 40 kegiatan program kerja untuk dilaksanakan selama 40 hari. Dan kegiatan bimbingan belajar ini merupakan bagian program kerja dari tema literasi.

Untuk kegiatan bimbingan belajar para mahasiswa KKN mengajarkan siswa sekolah dasar,ilmu pengetahuan umum seperti matematika, bahasa inggris, budaya Indonesia dan tips dan trik belajar efektif selama daring,adapun tujuanya untuk meningkatkan kualitas  anak  di masa pandemi Covid -19,” papar Kurniawan

Masih kata Kurniawan kita melihat tidak semua siswa mempunyai kemampuan dalam menggunakan platform online dalam melaksanakan kegiatan belajar secara daring tersebut.

Karena siswa memiliki kemampuan yang berbeda, karena itulah  kebanyakan guru menggunakan metode konvensional dengan hanya memberikan tugas-tugas kepada peserta didik,hasilnya banyak siswa mulai merasa bosan, tertekan, dan tidak memahami materi pembelajaran dengan menggunakan daring.

Untuk penyemangat siswa,kami mengadakan perlombaan,bagi siswa meraih ranking I dalam perlombaan akan mendapat hadiah,perlombaan ini sebagai pemicu dan semangat siswa untuk mengikuti prese bimbingan belajar.”jelas Kurniawan

Kurniawan berharap dengan adanya kegiatan literasi serta perlombaan ini,dapat sedikit menghilangkan kejenuhan anak-anak yang selama ini melakukan pembelajaran secara daring sekaligus meningkatkan semangat belajar anak-anak di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya.

Dalam kegiatan bimbingan belajar ini,kami tetap menjaga protokol kesehatan maka para siswa yang datang dibatasi hanya 15  orang dan harus menggunakan masker serta handsanitizer,”terang Kurniawan **(Ian)

Bagikan ke:

Posting Terkait