Barca Dikalahkan Alaves di Camp Nou

822 views

Barcelona – Barcelona menelan kekalahan pertamanya di musim ini. Menjamu tim promosi, Alaves, Barca dipaksa menyerah dengan skor 1-2.

Dalam pertandingan jornada ketiga di Camp Nou, Minggu (11/9/2016) dinihari WIB, Luis Enrique mencadangkan Lionel Messi dan Luis Suarez. Lini depan diisi oleh Paco Alcacer dan Neymar.

Mendominasi permainan, Barca justru kebobolan lebih dulu di menit ke-39. Deyverson menjebol gawang Jasper Cillessen untuk membawa Alaves memimpin 1-0 saat turun minum.

Barca langsung merespons di awal babak kedua dengan mencetak gol balasan lewat sundulan Jeremy Mathieu. Tapi Barca kembali kebobolan di menit ke-64 setelah Ibai Gomez menaklukkan Cillessen.

Dengan hasil ini, Barca turun ke peringkat empat klasemen dengan enam poin dari tiga pertandingan. Sementara Alaves naik ke urutan enam dengan lima poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung memegang kendali serangan sejak menit-menit awal. Tapi belum ada peluang berarti hingga 10 menit laga berjalan.

Peluang pertama justru didapat Alaves di menit ke-12. Ibai Gomez melakukan tusukan dari sisi kiri dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola sempat memantul tapi bisa diamankan oleh Jasper Cillessen.

Alaves mampu meredam Barca. Peluang bagus baru didapat Barca di menit ke-18 lewat Ivan Rakitic yang punya ruang tembak. Tapi sepakan Rakitic masih melebar dari gawang.

Aleix Vidal melakukan tusukan dari sisi kanan dan masuk ke kotak penalti Alaves. Tapi sepakannya kemudian masih diblok oleh Ibai Gomez dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Barca mendapat peluang lewat sebuah tendangan bebas di menit ke-35. Neymar maju sebagai eksekutor, tapi tendangannya melebar dari gawang Alaves.

Tim tamu kemudian justru bisa mencuri gol lebih dulu di menit ke-39. Umpan Kiko dari sisi kanan langsung dikonversi menjadi gol oleh Deyverson yang lolos dari pengawalan Javier Mascherano.

Jelang berakhirnya babak pertama, Barca mendapat peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Menerima bola dari Arda Turan, Rakitic kemudian mengontrolnya dan mencari ruang tembak. Tapi penyelesaian Rakitic justru melebar dari sasaran. Tak lama berselang, babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Barca langsung menggebrak. Tak butuh waktu lama, tuan rumah langsung menyamakan kedudukan di menit ke-46. Jeremy Mathieu mencetak gol balasan untuk Barca lewat sebuah sundulan meneruskan sepak pojok Neymar.

Dua menit kemudian, Mathieu nyaris kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dari situasi sepak pojok, Mathieu yang mendapat bola gagal mengonversikannya menjadi gol. Tembakannya melebar dari gawang.

Di menit ke-50, Alaves sempat mencetak gol lewat Edgar yang menyambut sebuah tendangan bebas dari sisi kanan. Tapi wasit menganulirnya karena Edgar sudah terjebak offside.

Alaves benar-benar mencetak gol keduanya di menit ke-64 untuk kembali mengungguli Barca. Memanfaatkan kesalahan Mascherano, Ibai Gomez merebut bola dan masuk ke jantung pertahanan Barca. Dia kemudian melepaskan tendangan kaki kanan ke arah tiang jauh dan tak bisa dijangkau oleh Cillessen.

Barca merespons gol tersebut dengan memasukkan Luis Suarez. Tapi Barca masih kesulitan menciptakan peluang.

Peluang terbaik didapat Barca di masa injury time. Umpan Lucas Digne dari sisi kiri langsung disambar oleh Messi yang bergerak di dalam kotak penalti. Sial bagi Messi, sepakannya melebar tipis dari gawang. Tak lama berselang, wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Barcelona: Cillessen; Aleix Vidal, Mascherano, Mathieu, Digne; Busquets, Rakitic, Denis (Messi 60'); Arda (Iniesta 63'), Alcacer (Suarez 66'), Neymar

Alaves: Pacheco; Kiko Femenia (Vigaray 74'), Teo Hernandez, Alexis, Raul Garcia, Laguardia; Torres, Marcos Llorente, Edgar (Espinoza 70'); Ibai Gomez (Camarasa 79'), Deyverson
detikcom

Bagikan ke:

barcelona

Posting Terkait