Dinilai Positif, Lurah Baru Sumahilang Janji Teruskan FGD yang Digagas Pendahulunya

1040 views

Yusrial-bei-sambutan-saat-FGD-dan-Pisah-Sambut-Lurah-Sumahilang.j

PEKANBARU (lintasriaunews) – Forum Group Discussion (FGD) yang selama ini rutin dilaksanakan setiap bulan oleh pihak Kelurahan Sumahilang Kecamatan Pekanbaru Kota dinilai merupakan salah satu kegiatan yang bagus dan positif. Karena itu, selaku lurah baru Yusrial berjanji akan meneruskan dan lebih memaksimalkan kagiatan yang digagas lurah pendahulunya itu.

“Untuk membangun kelurahan tidaklah bisa dilakukan oleh lurah sendiri, tentu kita harus berkerja sama. FGD ini merupakan salah kegiatan positif, makanya ini akan tetap dilanjutkan. Nanti akan dibentuk pengurus FGD agar dapat berjalan lebih baik,” ujar Yusrial dalam sambutannya saat acara FGD yang berlangsung di Café Coffee Toffee Jalan Kartini Pekanbaru, Selasa (10/1) kemarin.

Selain pengurus FGD, lanjut dia, nanti juga akan dibentuk wadah pemuda seperti karang taruna. “Dan yang paling utama kita akan berupaya memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat yakni cepat, tepat dan transparan,” ungkap Yusrial yang dilantik serentak dengan puluhan lurah lainnya serngkaian pengukuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pekanbaru yang baru, pekan lalu

Kegiatan FGD Kelurahan Sumahilang kali menang agak berbeda dari sebelumnya, karena dirangkaikan acara pisah sambut antara Yudi Adrian selaku lurah lama kepada lurah baru Yusrial.

Acara FGD dan pisah sambut lurah yang dipandu BImas Kelurahan Sumahilang itu selain diikuti perangkat RW/ RT dan tokoh masyarakat, juga hadir unsur aparat keamanan seperti Kanit Bimas Polsek Kota AKP Zulkarnain dan para pelaku usaha di daerah setempat. Antara lain tampak perwakilan dari Bank Danamon simpan pinjam, Whiz Hotel, Garuda, Telkomsel, Amaris Hotel dan Bank Nagari.

Sebagai Lurah baru. Yusrial berharap kerjasama dengan masyarakat dan jajaran RT / RW, pihak keamanan, baik dari kepolisian dan TNI, serta para pelaku usaha dapat terus dijalin dan ditingkatkan.

Dia juga mengapresiasi kinerja Yudi Adrian sebagai lurah sebelumnya yang selama ini telah membangun Kelurahan Sumahilang dengan baik. Kegiatan FGD yang digagas Yudi dinilai Yusrial sebuah terobosan bagus kaena menjadi wadah yang efektif menjalin koordinasi dan komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat.

Mantan Lurah Sumahilang Yudi Adrian dalam sambutannya menjelaskan pada kesempatan acara FGD untuk terakhir kali digelar oleh dirinya itu, sengaja diundang para pelaku usaha/ badan usaha di daerah ini agar lebih memahami tujuan kegiatan yang dirintisnya sejak menjabat enam bulan lalu. Sehingga kedepan bisa berpartisipasi aktif dalam wadah tersebut.

“Maksud dan tujuan dari FGD ini adalah wadah saling tukar menukar informasi saran yang berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan di Kelurahan Sumahilang. FGD ajang kita untuk diskusi mencari solusi, bukan tempat mencari –cari masalah seseorang,” papar Yudi.

“Seperti yang kita lihat saat ini, seluruh komponen masyarakat bisa bersinergi, peduli dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kelurahan,” imbuhnya.

Yudi mengungkapkan dari hasil pertemuan FGD yang dilaksanakan sebulan sekali dengan melibatkan perangkat RWRT dan tokoh masyararakt setempat itu, pihaknya telah merencanakan membuat program beruya katalog untuk bisnis yang ada di Kelurahan Sumahilang. Selain itu ada program Gerakan Seribu Rupiah untuk Sumahilang.

“Dimana setiap bulan pelaku usaha atau badan usaha yang ada akan mengumpulkan 1.000 rupiah dari setiap karyawannya. Begitu juga masyarakat pun boleh menyumbangkan dananya seribu rupiah setiap bulan. Dana yang terkumpul, nanti akan disalurkan membantu masyarakat yang kesusaham dan kegiatan masyarakat di kelurahan ini.,” terangnya.

Kesempatan itu Yudi menitip pesan pada perangkat RT/ RW dan LPM agar tetap menjalin hubungan silahturrahmi dan komunikasi dengan para pelaku usaha dan aparat keamanan di lingkungan Kelurahan Sumahilang.

“Pembangunan kelurahan ini akan terwujud bila kita bersinergi dengan semua komponen yang di kelurahan ini. Kepada lurah yang baru, mudah-mudah kegiatan FGD ini dapat dilanjutkan,” harap Yudi Adrian.

Sampaikan Apresiasi Sementara Ketua LPM Kel. Sumahilang Don Marzal SH yang diberi kesempatan pertama memberikan sepatah kata pada acara tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Yudi Adrian yang dinilai sukes membangun Kelurahan Sumahilang.

Don menyebut meskipun hanya enam bulan menjabat lurah, tetapi Yudi bisa mengggas kegiatan yang selama ini belum ada dibuat kelurahan lain di Pekanbaru. “Di tempat lain pun rasanya tidak ada seperti di Kelurahan Sumahilang. Tidak mudah mengumpulkan elemen masyarakat, apalagi para pelaku usaha dalam suatu wadah FGD ini,” ungkapnya.

Menurut Don, FGd yang bertujuan membahas berbagai permasalahan di kelurahan sangat penting dan perlu dilaksanakan secara kontinyu. “Jadi program yang digagas bapak Yudi ini harus kita dukung dan lanjutkan. Kita juga berharap komponen masyarakat yang ada bisa bekerjasama dengan lurah yang baru Bapak Yusrial guna sinergitas pembangunan di kelurahan ini,” paparnya.

Ketua Forum RT/RW Kecamatan Pekanbaru Kota Jon Rizal Ali yang juga ketua RW 08 Kel.Sumahilang, juga memberikan apresiasi atas kegiatan FGD tersebut. “Di dalam forum ini kita bisa saling kenal dan bertukar informasi, serta membahas berbagai permasalah di kelurahan ini,” ujarnya.

Kanit Bimas Polsek Pekanbaru Kota AKP Zulkarnain juga menyampaikan hal senada. Dia mengatakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada lingkungan masyarakat, maka Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas harus selalu kompak dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Berhasilnya suatu kota/ kabupaten itu karena ada kerja sama yang baik antara Polri/TNI dan Pemerintah,” ungkapnya.

Zulkarnain menjelaskan bahwa Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas adalah perangkat tiga pilar, yang harus bekerja sama dalam menjaga kedamaian dan ketertiban di wilayah. Ketiga unsur ini bisa menyelesaikan persoalan di kelurahan agar tidak bermasalah dengan hukum. “Apabila permasalahan yang ada di kelurahan bisa diselesaikan, maka tidak perlu di bawa keranah hokum,” tegasnya,

Dia juga menyambut baik adanya kegiatan FGD Kel. Sumahilang. Menurut dia, ,wadah ini perlu dipertahankan, karena melalui FGD bisa mendikusikan berbagai permasalahan yang ada, salah satunya masalah Kantibmas, “Sebagai aparat, kita mesti bisa berikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat termasuk juga para pelaku usaha di kel.sumahilang. Kalau tak aman bagaimana orang akan bisa berusaha di sini,” ujar AKP Zulkarnain.

Kalangan badan usaha di Kelurahan Sumahilang juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan FGD yang telah melibatkan pelaku usaha di daerah setempat. “Saya salut sama pemikiran Bapak Yudi, yang memiliki ide pembentukan FGD ini dengan melibatkan pelaku usaha,” ujar Erlina, Supervisor SME dari Telkom-sel Pekanbaru.

Menurut dia, dari hasil diskusi beberapa kali pertemuan, pihak Telkomsel rencananya akan menjadikan kelurahan ini sebgai ‘pilot project’ pelayanan berbasis Informasi teknologi yang pertama di Pekanbaru.

“Dengan sistem pelayan informasi teknologi kita bisa dapat lebih cepat dan transparan di dalam mengurus surat-surat di kelurahan. Disamping itu, kita juga bisa mencari informasi tentang persyaratan pengurusan surat-surat di Kelurahan ini. Ini juga salah satu program menuju smart city,” ungkap Lina.[] yan

Bagikan ke:

Posting Terkait