Kadin Nilai Toko Modern Belum Saatnya Berdiri di Pulau Bengkalis

963 views

Masuri

Toko Modern Indomaret

BENGKALIS (LintasRiauNews) – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis Masuri SH menilai khusus di Pulau Bengkalis dan Bukitbatu, belum saatnya berdiri toko-toko modern atau jaringn usaha waralaba.

“Kalau Kadin berprinsip kehadiran toko-toko modern waralaba belum cocok,” katanya kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, beberapa waktu lalu.

Menurut Mashuri, hingga hari ini pendapatan perkapita penduduk di Pulau Bengkalis masih kecil, sehingga belum waktunya hadir jaringan usaha waralaba, seperti Indomaret dan Alfamart. Kecuali di Duri, Mandau. Karena itu harus ada kajian terlebih dahulu sebelum diizinkan beroperasi.

Seharusnya, lanjut dia, pengusaha besar merrangkul usaha kecil untuk membangun jaringan usaha seperti minimarket. Jika toko-toko modern dibiarkan beroperasi, maka akan berimbas pada usaha lokal, baik toko ataupun kedai milik masyarakat.

“Pasti akan berdampak kepada Usaha Kecil Menengah (UMK) di sekitar lokasi. Sebelum proses perizinan diterbitkan, kajian-kajian yang dilakukan tentu menjadi pertimbangan, karena ini sangat besar pengaruhnya terhadap UKM,” ulasnya.

Seperti diberitkan, meskipun belum mengantongi izin operasional dari instansi terkait di Pulau Bengkalis , toko modern seperti Indomaret, sudah berdiri dan menjalankan bisnisnya. Sedikitnya ada enam unit toko modern yang beroperasi, tersebar di Kecamatan Bengkalis dan Bantan.[] rtc, red007

Bagikan ke:

Posting Terkait