Ditandai Dengan Pemukulan Gong Kampar Expo 2023 Resmi di Buka , Pj Bupati Kampar: Bangkitkan Ekonomi dan UMKM Kampar

483 views

 

BANGKINANG KOTA,LintasRiauNews.com  — Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Kampar ke-73 tahun 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar menggelar Kampar Expo 2023 di Lapangan Mardeka Bangkinang, jum’at (24/2/2023).

Dibuka langsung Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM, pembukaan Kampar Expo tersebut dihadiri Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Forkopimda Kampar, Ketua TP-PKK Kampar Deswita Kamsol, Anggota DPRD Kampar Agus Candra, serta para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas serta Camat Se-Kabupaten Kampar. Pembukaan yang ditandai dengan ucapan basmalah dan Pemukulan gong digelar hingga empat hati kedepan.

Dalam kesempatan tersebut, Kamsol mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinginya terhadap pelaksanaan Kampar Expo 2023, ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan investasi, sekaligus mendorong majunya UMKM guna membangkitkan eskosistim perekonomian di Kampar.

Sesuai dengan tema Kampar Expo 2023 ini, “Membangun Jiwa Technopreneur Menuju Masyarakat Kampar Mandiri, Kreatif dan Sejahtera,” Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengembangkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga mampu menjadi technopreneur.”ucap Kamsol

Lebih lanjut menurut menurut Kamsol, pemda kampar melalui OPD terkait dan Lembaga Perbankan yang ada di  kampar, juga terus melakukan pendampingan, bimbingan, pelatihan, fasilitasi pengembangan produk dan akses ke lembaga keuangan serta pemasaran.

Sekali lagi, melalui Kampar Ekspo ini kami Kamsol berharap dapat menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneur-ship) di kalangan para investor/innovator.

Allhamdulillah, baru beberapa hari belakangan kabupaten kampar melalui TP-PKK meraih juara I kategori Asian hot cooking dalam ajang lomba masak internasional Malaysia Culinary World Cup. Dimana masakan kampar yang memiliki ciri dan ragam dalam ajang internasional yang bertajuk Malaysia Culinary World Cup 2023.

Selanjutnya dalam percepatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan, pemda kampar juga telah melakukan berbagai langkah diantaranya kerjasama pihak perbankan dalam pengucuran dana KUR kepada para pelaku UMKM.

Dimana, berdasarkan data KUR tahun 2022, kita sudah mengucurkan dana KUR sebanyak Rp.1,5 triliun lebih dengan 8000 debitur. Selain itu, pemda kampar juga telah mengupayakan peningkatan produksi pangan melalui Teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO) yang mampu meningkatlkan produktivitas dari 5-6 ton/ha menjadi 6-8 ton/ha.”tutup Kamsol

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana Sekda Kampar Drs Yusri,M.Si dalam laporannya menyampaikan, bahwa Kampar Expo ini masih suasana HUT Kampar. Dimana sebelumnya rangkaian diawali dengan Karnaval Ilustrasi pada 24 Januari 2023 yang lalu.

Kemudiam kata Yusri, bahwa selama Kampar Expo akan digelar Job Fair, pameran pembangunan daerah, Gelar UMKM dan produk unggulan, Festival Qasidah dan Nasyid, Lomba Rabana antar Kecamatan, Lomba Fashion show tenun kampar antar ibu Forkopimda, Lomba Mewarnai, Riau Songket Festival, Kampar hijab Fashion week, Seni Budaya, Gelar Kulinar, serta Fashion Shot Ibu Pejabat serra Hiburan rakyat.

Selain itu, berbagai rangkain kegiatan juga telah dilaksanakan pemda kampar seperti, pertandingan bola voli puta antar Kecamatan dsn putri antar OPD. Kemudian permainan rakyat dimulai 1 Februari 2023 antara lain tarek tambang antar sekolah, pacu goni, lomba bakiak, lomba takap boluik, lomba tangkap itik, sunat masal, serta puncaknya Upacara, Rapat Paripurna serta makan Bajambau.

Usai pembukaan secara resmi Kampar Expo, Pj Bupati kampar didampingi Isteri dan rombongan lainnya juga langsung membuka Stand Pameran yang diisi seluruh OPD, Perusahaan, BUMN, BUMD, Perbankan, serta Universitas yang ada di Kampar.**

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kmpar

Editor    : Dedy Pratama

 

 

Bagikan ke:

Posting Terkait