29 Polisi Kena Pecat, Kapolda Riau: Polisi Itu Sebagai ‘Sapu’, Sedihnya Jika Mereka Sendiri Kotor

626 views

PEKANBARU – Upaya bersih-bersih di tubuh kepolisian secara internal ternyata bukan 'isapan jempol' semata. Di Polda Riau saja sudah ada 29 oknum polisi dipecat, tercatat sejak Januari hingga September 2016 ini.

Menurut data yang dirangkum GoRiau.com (GoNews Group), 29 polisi itu diberi sanksi PTDH (Pemecatan Tidak Dengan Hormat). Tidak disitu saja, ada 31 aparat lainnya disanksi Demosi, baik itu Demosi fungsi hingga kewilayahan.

Ada pula yang dihukum tidak naik pangkat, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan pendidikan dan sebagainya. Khusus bagi polisi yang dipecat tersebut, didominasi atas keterlibatan narkoba, dan sisanya akibat Disersi.

Jika dirata-ratakan, ada sekitar tiga oknum polisi di jajaran Polda Riau dipecat setiap bulan selama Januari hingga September ini. "Kita pecat saja, apalagi yang terlibat narkoba," ujar Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain Adinegara, Rabu (5/10/2016) sore.

Kapolda menegaskan, baginya tidak ada ampun terhadap personil yang berani 'main-main', apalagi yang terindikasi menjadi backing pengedar barang haram tersebut.

"Saya berharap polisi itu benar-benar bersih, karena mereka itu ibaratnya sebagai sapu, untuk membersihkan berbagai kotoran. Alangkah sedihnya jika mereka sendiri kotor," sesal Brigjen Zulkarnain.

Ia pun mendorong Bid Propam Polda Riau untuk menindak tegas hal semacam itu. "Kalau sudah diproses akan segera kita dorong untuk diajukan diberhentikan (PTDH, red)," ulasnya.

"Saya juga sampaikan kepada seluruh jajaran melalui Kasatker dan Kasatwil yang ada, agar disampaikan kepada anggotanya supaya jangan main-main pada narkoba. Sepatutnya kita pecat saja," tutup Zulkarnain.

Bagikan ke:

polda riau polisi dipecat

Posting Terkait