Penambahan Runway SSK II, Beroperasional 9 Bulan Lagi

807 views

PEKANBARU-General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Jaya Tahoma Rabu (20/1/16) mengatakan bahwa perpanjangan runway sepanjang 2.600 meter masih belum bisa dioperasionalkan. Landasan baru itu baru bisa dioperasionalkan sekitar 9 bulan ke depan.

Menurutnya, kendati pembangunan landasan sudah selesai dibangun, namun ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengoperasionalkan landasan baru sebagai tambahan landasan (runway) yang lama. seperti Instrument Landing System (ILS) yang harus di geser di sekitar runway baru sepanjang 2.600 meter tersebut.

“Untuk bisa dioperasionalkan, runway baru sepanjang 2.600 meter itu harus dipasangi ILS. Itupun harus dilakukan kalibrasi dan diukur ulang,” terang Jaya Tahoma.

Selain itu, Jaya mengatakan bahwa persyaratan lainnya yang perlu dilakukan adalah pembebasan lahan untuk keperluan ‘runway strip’ atau suatu bidang persegi panjang yang diratakan bersih tanpa benda-benda yang mengganggu. Lalu diperlukan juga ‘turning area’ atau tempat belokan berbentuk telinga di ujung landasan untuk pesawat ‘take off’ yang harus dilengkapi. Selain itu lahan tertentu dibutuhkan untuk keperluan pesawat TNI-AU.

Disinggung mengenai waktu untuk penggeseran ILS dan kalibrasi serta ukur ulang ILS tersebut, Jaya Tahoma mengatakan bahwa pihak Bandara SSK II butuh waktu sekitar 9-bulanan untuk melakukan pemenuhan persyaratan operasional runway baru tersebut.*riauterkini.com

Bagikan ke:

bandara ssk II

Posting Terkait