Wabup Inhil Hadiri Rakornas Pemberdayaan Desa di Jakarta

1117 views

JAKARTA – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Rosman Malomo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pembangunan dan Pemberdayaan Desa di Jakarta, Senin (22/2).

Rakor yang digelar di aula Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini dibuka oleh Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla, dengan mengusung tema “Evaluasi Penggunaan Dana Desa Tahun 2015, Persiapan Peyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun 2016”.

Wakil Presiden (Wapres) RI, Yusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan dana desa tidak hanya dilihat pada penyerapan anggaran, administratif dan formalistis saja, tetapi harus juga mengutamakan asas manfaat bagi masyarakat.

“Saat ini, 97 persen anggaran desa telah diserahkan ke daerah, yang penggunaannya harus memiliki manfaat untuk pedesaan. Jadi, tugas bagi gubernur, bupati, dan camat untuk mengawasinya, supaya bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan hasil musyawarah desa,” tutur Wapres.

Selain itu, Kementerian Desa juga harus membuat standar operasional dan standar mutu dalam penggunaan dana desa, sehingga setiap kegiatan dan program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh desa tidak melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Penggunaan dana desa sangat penting bagi pengembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Untuk itu, harus dikelola secara baik dan maksimal,” imbuhnya. (Adv/humas/zul).

Bagikan ke:

Posting Terkait