PAN Dukung Pemekaran Daerah di Riau

880 views

Duri-Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung sepenuhnya pemekaran daerah di Provinsi Riau karena pemekaran daerah pada dasarnya bertujuan untuk keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, PAN akan berupaya membantu untuk mempercepat terwujudnya Daerah Otonomi Baru (DOB) itu.

Demikian ditegaskan Ketua DPW PAN Provinsi Riau, Irwan Nasir ketika bersilaturrahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir serta kader-kader PAN se-Kabupaten Bengkalis di Hotel Surya, Duri, Kabupaten Bengkalis, Minggu (6/3/2016) malam. Diantara 500 orang yang hadir tampak tokoh masyarakat Mandau dan Pinggir antara lain Buya Hamka Riau, H. Mahyunir, Agustiar Tanjung, Sabar Mandamanik, Tokoh LAM Riau dan Forkompinda Mandau dan Duri.

‘’Melalui forum ini saya tegaskan bahwa PAN mendukung sepenuhnya pemekaran daerah di Provinsi Riau termasuk pembentukan Daerah Otonomi Baru Kota Duri,’’ ujarnya yang disambut tepuk tangan para hadirin. Selain Kota Duri, DOB yang sudah masuk pembahasan di DPR RI adalah Rokan Darussalam, Gunung Sailan Darussalam, Inhil Selatan dan Inhil Utara.

Irwan Nasir didampingi belasan pengurus DPW PAN Provinsi Riau,termasuk Syamsurizal,mantan Bupati Bengkalis dua periode. Menurut Bupati Kepulauan Meranti ini, dulunya Syamsurizal tidak merestui pemekaran Mandau dan Pinggir dari Kabupaten Bengkalis. Sebab, situasinya belum memungkinkan waktu itu terutama jumlah penduduk, kecamatan dan Sumberdaya Manusia (SDM). Namun sekarang Syamsurizal mendukung karena situasinya sudah banyak berubah.

Irwan meyakini pemekaran daerah akan memberikan kemajuan, keadilan dan kesejahteraan kepada masyarakat. Sebab, sumberdaya alam di Riau masih tersedia. Hal ini berkaca dengan Kabupaten Kepulauan Meranti yang sekarang lebih maju dan APBDnya melampaui Kuansing, Pelalawan dan Dumai. ‘’Saya yakin masyarakat Mandau dan Pinggir akan lebih maju dan sejahtera lagi, dan kabupaten induk tidak akan bangkrut,’’ ujarnya.

Namun Irwan mengingatkan bahwa sumberdaya alam berupa minyak akan habis suatu sangat nanti. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat Kota Duri harus mempersiapkan diri dari sekarang dengan mengembangkan usaha ekonomi lainnya, termasuk ekonomi baru dan terbarukan. Sumberdaya manusia juga harus disiapkan agar tidak ketinggalan. ‘’Di Meranti, ada beberapa orang asal Duri yang sudah kita persiapkan,’’ katanya sambil menunjuk sekretaris Dinas PU Meranti yang berasal dari Duri.

 Buya Hamka Riau dalam sambutannya berterima kasih atas dukungan PAN terhadap pembentukan DOB Kota Duri. ‘’Saya yakin PAN akan besar di Mandau dan Pinggir. Mudah-mudahan PAN bisa membirukan Mandau dan Pinggir,’’ ujarnya. Buya mengaku dulunya ‘’lawan berat’’ dengan Bupati Bengkalis Syamsurizal karena dia memperjuangkan pemekaran, sebaliknya Syamsurizal anti pemekaran. ‘’Namun kami tetap berkawan dan dekat secara pribadi,’’ timpalnya.

Sedangkan Syamsurizal menyatakan pemekaran daerah memang perlu dikaji dengan matang sebelum dilakukan pemekaran. Baik secara adminstratif, akademis maupun yuridis. Sepanjang memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, katanya, pemekaran daerah dapat dilakukan. Apalagi tujuannya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. ‘’Saya pasti akan mendukung,’’ tegasnya.*rls

Bagikan ke:

pemekaran daerah

Posting Terkait