Duet Endang – Lahmuddin Kian Solid, Yakin Unggul di Pilwako Pekanbaru

100 views

Pasangan H. Endang Sukarelawan – Lahmuddin Rambe AR

PEKANBARU, LintasRiauNews – Pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru periode 2024-2029, Drs. H. Endang Sukarelawan, SH – Lahmuddin Rambe AR, M.Si, kian solid dan mantap maju pada ajang pilkada serentak bulan November mendatang. Duet kandidat kepala daerah ini juga yakin bila lolos sebagai pasangan calon bakal unggul dalam kontestasi Pemilihan Walikota Pekanbaru (Pilwako) Pekanbaru nanti.

Endang Sukarelawan, politisi senior Partai Golkar dan  Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Masyarakat Riau (FKMR) yang telah mendeklarasikan diri maju sebagai kandidat walikota Pekanbaru tersebut menyatakan optimisme dan keyakinan diri dan pasangannya itu bukan tanpa dasar atau khayalan belaka.

“Kami merasa semakin solid, kuat, mantap dan percaya diri serta yakin bisa maju dan memenangkan Pilwako mendatang. Tentunya ini setelah melihat dukungan masyarakat yang terus mengalir, juga hasil survei dan komunikasi dengan sejumlah pimpinan partai politik,”  ujar Endang Sukarelawan yang didampingi pasangannya, Lahmuddin Rambe, kepada media ini, Selasa (9/7/2024).

Mantan anggota DPRD Riau (1999-2004) dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak (2004-2009) ini mengungkapkan dukungan dari berbagai lapisan masyarakat menjadi faktor pendorong utama dirinya maju di Pilwako Pekanbaru, sekaligus mewujudkan keinginan untuk berkontribusi dalam memajukan kota dan mensejahterakan warganya. Ia makin optimis, karena kalangan masyarakat juga merespon positif keputusannya berpasangan dengan Lahmuddin Rambe  yang saat ini sebagai Dewan Pakar PKS Riau dan Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Riau.

Respon dan dukungan dari kalangan masyarakat, lanjut Endang, semakin signifikan setelah ia dan pasangannya Lahmuddin Rambe melakukan deklarasi sebagai pasangan bakal Cawako dan Wawako Pekanbaru, yang disusul kemudian dengan mendaftar ke sejumlah partai politik yang potensial mengusung mereka dalam konstestasi Pilwako mendatang, Di antara parpol itu, yakni Golkar, PAN, Nasdem dan Gerindra.

“Buktinya banyak kalangan masyarakat, termasuk kader sejumlah partai, yang sudi bergabung menjadi tim sukses pemenangan, sehingga kami punya jaringan di seluruh kecamatan hingga kelurahan se- Kota Pekanbaru. Jaringan luas ini tentu jadi salah satu modal yang kuat dan bisa diandalkan,” terang mantan Ketua DPD II Partai Golkar Siak dua periode yang kini dipercaya menjadi pimpinan ormas, yakni Ketua DPW Komite Nasional Setia Indonesia (KSNI) ini.

Anak jati Melayu ramah dan supel yang sejak muda dikenal aktivis organisasi ini menyebut respon dan dukungan masyarakat Pekanbaru yang signifikan itu juga tercermin dari hasi polling yang dilakukan lembaga survey tingkat nasional. Seperti Polstar Indosurvey, dimana dalam beberapa kali penyelenggaraan survei, nama Endang dan Lahmuddin selalu berada di urutan atas.

Teranyar, Polstar merilis hasil simulasi elektabilitas atau tingkat keterpilihan 5 bacalon Wako dan Wako dan Wawako Pekanbaru yang mendaftar di parpol untuk Pilwako mendatang. Hasil simulasi yang dilakukan dalam rentang 26-29 Juni 2024 dengan melibatkan 440 responden itu, Endang menempati urutan ke-2 dengan raihan 20,1%, hanya selisih 1,7%  dari kandidat teratas yang diduduki Ade Hartati dengan raihan 21.8%. Disusul kandidat lainnya, yakni Agung Nugroho (17,9%), Parisman Ikhwan (7,2%) dan M. Ikhsan (5,7%). Sedang yang tidak tahu/tidak menjawab, sebanyak 27,3%.

Untuk simulasi elektabilitas 5 bacalon Wawako yang  telah mendaftar di parpol  hasilnya juga positif untuk Lahmuddin Rambe. Posisinya sama dengan Endang, pasangan duetnya untuk Pilwako 2024, yakni berada di urutan ke-2 dengan raihan 19,1%, dibawah Ida Yulita Susanti sebagai kandidat tertinggi dengan raihan 22,8%. Menyusul nama Misharyati (17,3%), Markarius Anwar (9,2%) dan Taufik Arrakhman (4,7%). Sedang yang tidak tahu/tidak menjawab, sebanyak 26,9%.

 

Terkait hasil survei Polstar itu Endang merespon positif dan mengapresiasinya. Ia tak menampik dirinya dan pasangannya merasa sangat gembira sekaligus bersyukur karena dengan hasil survei tebaru yang signifikan tersebut makin menambah kepercayaan diri dan optimisme mereka untuk maju dan berlaga di kontestasi Pilwako  nanti. Pria yang kini jadi pegiat sosial disamping jadi pengusaha ini juga mengaku dalam empat kali suvei yang dilakukan Polstar Indosurvey, ia dan pasangannya tetap mempunyai elektabilitas yang tinggi.

“Dengan elektabilitas yang tinggi, tentu parpol akan memperhitungkan dan mempertimbangkan untuk mengusung kami  di Pilwako nanti. Maka, kans kami untuk mendapatkan perahu cukup terbuka lebar,” jelas Endang yang diamini oleh Lahmuddin.

Tidak sampai di situ, Endang bersama pasangannya terus melakukan pergerakan politik yang intensif. Tanpa gembar-gembor mereka melakukan lobi dan komunikasi dengan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat (PP) Parpol di Jakarta, disamping tentunya melibatkan pengurus parpol di Pekanbaru.

“Setakat ini, saya sendiri sudah berkomunikasi dengan tiga orang ketua DPP parpol.  Tinggal tunggu waktu saja surat dukungan berupa rekomendasi/ SK-nya kita terima. Mudah-mudahan saja, mohon doa dan restunya,” kata Endang yang tak lain ponakan kandung Letjen TNI Syarwan Hamid (alm), salah seorang putera terbaik Riau yang pernah jadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI itu.

Sebagai aktivis organisasi dan politisi yang sudah malang melintang dengan segudang pengalaman, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi hingga pusat, sosok Endang Sukarelawan sepertinya memang tidak bisa dianggap enteng dan layak diperhitungkan dalam kontestasi Pilwako Pekanbaru. Selain memiliki keilmuan dan kemampuan serta pengalaman di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan, jaringan pergaulan pria yang juga memimpin sejumlah LSM ini pun lumayan luas.

“Alhamdulillah… selain di Pekanbaru dan Riau, banyak teman-teman di Jakarta yang merespon positif dan memberikan dukungan kepada saya dan Pak Lahmuddin untuk maju di Pilwako tahun ini. Termasuk dari Ketua dan pengurus DPP KNSI di Jakarta,” kata Endang Sukarelawan.* (ian)

Bagikan ke:

Posting Terkait