Bentrok dengan Warga, Tiga Sekuriti PT Rimba Lazuardi Peranap Kritis, 5 Alat Berat dan Bus Perusahaan Dibakar

1154 views

PEKANBARU- Ratusan warga Desa Batang Peranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, bentrok dengan sekuriti dan karyawan PT Rimba Lazuardi, Rabu (16/3/16) lepas tengah hari kemarin. 5 unit alat berat dibakar. Tiga petugas keamanan kritis akibat luka terkena benda tajam.

“Ada lima unit alat berat kami yang dibakar massa dan ada tiga sekuriti  yang kritis karena luka yang cukup banyak,” tutur Humas PT Rimba Lazuardi Abdul Hadi ditulis riauterkinicom Kamis, 17 Maret 2016.

Dituturkan Abdul Hadi, rusuh tersebut bermula dari kedatangan sekitar 400 warga menggunakan puluhan mobil dan sepeda motor. Mereka langsung melakukan penyerangan dan pembakaran aset milik perusahaan. Sejumlah sekuriti yang berusaha menghalang-halangi menjadi sasaran tindak anarkis. Mereka dipukuli dan dibacok. 

“Yang kritis tiga. Sementara puluhan karyawan dan sekuriti lainnya mengalami luka-luka, baik parah maupun ringan,” paparnya. 

Selain 5 unit eksavator, massa juga membakar mes karyawan, satu unit motorgrede, 2 unit genset dan 5 unit sepeda motor karyawan. Diperkirakan akibat penyerangan tersebut, perusahaan menderita kerugian puluhan miliar.

Ketika ditanya mengenai pemicu penyerangan warga, Abdul Hadi mengaku belum mengetahui secara persis. Hanya saja, menurut informasi, selama ini memang ada klaim warga mengenai lahan mereka yang diserobot perusahaan. 

Saat ini kondisi di lapangan sudah kondisuf. Puluhan aparat kepolisian berada di lokasi untuk melakukan penjagaan, guna menghindari adanya bentrok susulan.

Sementara itu menurut Kapolsek Peranap AKP Suparman, saat ini sebanyak 60 personil aparat dari Polres Inhu disiagakan di lokasi. Prioritas penanganan adalah pemulihan kondisi dan mencegah terjadi bentrok susulan.

“Kita belum melakukan penahanan atau pemeriksaan saksi. Masih konsentrasi pemulihan kondisi di lapangan,” tutur Kapolsek Peranap lewat sambungan telephon yang mengaku sedang berada di lokasi kepada riauterkinicom, Kamis (17/3/16).***

Bagikan ke:

Posting Terkait