6 Ribu Orang Ditahan Terkait Kudeta Gagal di Turki

1017 views

Istanbul – Otoritas Turki memperluas operasi penangkapan terhadap pendukung kudeta militer yang gagal. Sedikitnya 6 ribu orang yang diyakini terlibat dalam kudeta itu ditangkap hingga akhir pekan.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (18/7/2016), Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag menyatakan, sekitar 6 ribu orang ditangkap dalam operasi 'pembersihan'. Bozdag memperingatkan jumlah ini masih bisa bertambah.

Presiden Tayyip Erdogan menuding bekas sekutunya yang kini tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen, sebagai dalang di balik kudeta tersebut. Gulen dituding menyusun 'struktur paralel' dalam tubuh pengadilan, kepolisian, militer dan media demi melancarkan kudeta tersebut pada Jumat (15/7) malam.

Dalam pernyataannya, Erdogan menyebut 'kelompok teror' yang dipimpin Gulen telah merusak tubuh militer Turki. Sebagian besar personel militer Turki dari berbagai pangkat yang terindikasi mendukung kudeta itu telah ditangkap. Gulen sendiri telah menyangkal tudingan itu.

Bozdag menyebut, sedikitnya 3 ribu tentara Turki, mulai dari prajurit biasa hingga komandan tertinggi ditahan hingga Minggu (17/7) malam waktu setempat. Beberapa hakim dan jaksa yang dicurigai terlibat kudeta juga ditangkap.

Berbagai gambar yang beredar di media sosial menunjukkan, para tentara yang ditahan dilucuti pakaiannya hingga bertelanjang dada. Namun ada juga tentara yang hanya mengenakan celana dalam. Mereka diborgol dan dibaringkan bersama di dalam arena olahraga di Ankara, tempat mereka ditahan.

Salah satu video di Twitter menunjukkan beberapa jenderal militer yang ditahan mengalami luka memar dan diperban. Akin Ozturk yang menjadi pemimpin Angkatan Udara Turki hingga tahun 2015, diidentifikasi oleh tiga pejabat senior Turki sebagai salah satu otak di balik kudeta. Ozturk dilaporkan masuk dalam daftar tentara yang ditahan, namun lokasi penahanannya tidak disebutkan lebih lanjut.

sumber: detikcom

Bagikan ke:

kudeta turki

Posting Terkait