Wapres Lepas 100 Ribu Bibit Ikan ke Sungai Siak

911 views


PEKANBARU —  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama dengan nelayan melepas sebanyak 100 ribu bibit ikan ke Sungai Siak disela kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (22/7).

“Mudah-mudahan dengan dilepasnya bibit ikan ini makin banyak ikan di Sungai Siak,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat kata sambutan peringatan HLH di hadapan Wapres Jusuf Kalla.

Pelepasan tersebut dilakukan Wapres Jusuf Kalla di dermaga yang berada tepat di depan Istana Siak. Terdapat beragam jenis bibit ikan yang dilepas seperti patin, arwana, dan baung. Ikan-ikan tersebut merupakan ikan yang dahulu relatif cukup mudah ditemukan.

Sementara itu, nelayan yang turut serta melepas ikan tersebut menggunakan puluhan sampan kayu yang biasa digunakan mencari ikan di Sungai Siak. Kepada nelayan yang berada di tengah Sungai Siak, Jusuf Kalla sempat melambaikan tangan dan dibalas dengan riuhan gembira para nelayan. Jusuf Kalla mengunjungi Kabupaten Siak dalam rangka peringatan HLH 2016.

Pada peringatan HLH yang mengusung tema “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan, Go Wild for Life” itu, Wapres turut melakukan peletaka batu pertama pembangunan tugu peringatan penyerahan kesultanan Siak kepada pemerintah Republik Indonesia.

Monumen yang rencananya akan dibuat menggunakan perunggu itu berada tidak jauh dari Istana Siak, yang menjadi lambang kabupaten tersebut dan berada tidak jauh di Sungai Siak. Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Bupati Siak Syamsuar turut menjelaskan rencana pembangunan Kota Siak Sri Indrapura dengan mengusung konsep “water front city”.

Kepada Wapres, Syamsuar mengatakan bahwa pemerintah setempat fokus membangun kota berkonsep di pinggir sungai itu untuk menjadi salah satu destinasi wisata.***

Bagikan ke:

jusuf kalla sungai siak

Posting Terkait