Jabatan PTP di Pemko Dumai Diincar Banyak Peminat, Hasil Seleksi Diumumkan 20 Maret

951 views

Yaser Hendra

DUMAI (LintasRiauNews) – Sejumlah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemerintah Kota Dumai yang saat ini masih kosong diincar banyak peminat. Ada lima puluhan orang lebih yang tampil dan ingin dipilih menduduki jabatan eselon II tersebut.

Untuk mengisi 9 formasi jabatan PTP yang masih kosong, Pemko Dumai mengadakan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang mulai dibuka sejak 1 Februari 2017 lalu. HIngga pendaftaran
ditutup 21 Februari 2017 jam 16. 00 WIB, tercatat 59 orang pendaftar.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Dumai, Drs Yaser Hendra MSi membenarkan cukup tingginya peminat jabatan PTP di Pemko yang kosong terrsebut.

“Bedasarkan data yang ada di sekretariat kami, pendaftar seleksi terbuka JPT yang diadakan Pemko sampai penutupan pada 21 Februari lalu sebanyak 59 orang, Peserta seleksi ini berlaku untuk seluruh Indonesia,” ungkapnya saat ditemui LintasRiaunws di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Yaser menjelaskan seleksi terbuka untuk mengisi 9 formasi jabatan PTP itu diadakan Pemko Dumai melalui BPKPP (dulu bernama BKD) yang dilaksanakan oleh Bidang Mutasi. Pelaksanaannya mengacu Undang – Undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sembilan formasi jabatan PTP itu yaitu 1. Sekretaris DPRD Kota Dumai, 2. Inspektur, 3. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 4. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, 5. Kepala Dina PU dan Penataan Ruang, 6. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, 7. Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata, 8 Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan 9. Kepala Badan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah.

“Tentu, dalam hal pencalonan untuk mengisi Jabatan PTP itu ada syarat yang mendasar yang harus dipenuhi oleh calon peserta, antara lain harus mempunyai pangkat minimal IVA, memiliki ijazah S1 dan tidak terlibat narkoba,” terang pria yang fasih bicara Bahasa Inggris ini.

Lebih lanjut Yaser mengatakan setelah pentupan pendaftaran tanggal 21 februari lalu, pihak BKPP mengadakan seleksi seperti Administrasi yang akan diumumkan pada tanggal 24 Februari. Bagi yang lulus seleksi administrasi mengikuti ujian Kompetensi Manajerial pada tanggal 28 Februari.

Tahap berikutnya, lanjut mantan Sekretaris KPT itu, bagi yang lulus akan mengikuti Ujian Kompetensi Bidang yang akan digelar pada tanggal 16 Maret Hasil akhir seleksi terbuka akan diumumkan pada tanggal 20 Maret 2017.

“Setiap formasi jabaran yang akan diisi nantinya diambil 3 peserta dengan nilai terbaik yang selanjutnya diserahkan kepada PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) atau pun yang disebut dengan Kepala Daerah untuk dipiilih satu . SIapa menduduki yang akan jabatan yang dimaksud, merupajan hak preogratif PPK,” paparnya.
Yaser menambahkan bahwa seelah memilih calon pejabat PTP untuk kesembilan formasi itu, PPK akan mengkosultasikan terlebih dahulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang ada di pusat sebelum dilakukan pelantikan terhadap yang bersangkutan..[] sarmon/toga/maimanah

Bagikan ke:

Posting Terkait