Masa Pandemi Covid 19 – Mahasisawa KKN UR Bantu Kegiatan Posyandu RW 01 Kelurahan Tebing Tinggi Okura,Adaptasi Kebiasaan Baru

758 views

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com –Pandemi Covid-19 tidak terasa sudah kita alami lebih dari satu tahun lebih. Kepanikan psikologis, fisik, dan ekonomi di awal masa pandemi membuat kader posyandu, ibu balita, balita dan ibu hamil di Indonesia terkena dampaknya.

Seperti yang terjadi di Posyandu Posyandu RW 01 Kelurahan Tebing Tinggi Okura  kegiatan pelayan kesehatan masyarakat di Posyadu sempat terhenti cukup lama akibat dampak pandemi Covid -19.

Meski wabah Covid-19 belum juga tampak tanda – tanda akan berakhir
namun pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus tetap dilakukan dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru,”tutur Muhammad Alif Febriansyah Ketua Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) UR kepada Media LintasRiauNews.com ,Jumat (20/08/2021)

Masih kata M Alif saat ini Mahasiswa KKN Universitas Riau (UR) melaksanakan program kerja KKN di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kota Pekanbaru dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Hal ini penting dilakukan karena sekaligus menghimbau pada warga agar tetap melaksanakan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan ditengah masyarakat selama masa pandemi ini,”terannya

Ditambahkan M Alif Mahasiswa KKN Universitas Riau membantu mengarahkan warga dalam kegiatan posyandu yang diselenggarakan RW 01 Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Pekanbaru.

KKN UR tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya wabah virus covid-19 di Indonesia saat ini. Salah satu program kerja kelompok KKN Kelurahan Tebing Tinggi Okura adalah membantu kegiatan posyandu untuk anak-anak di RW 01 di halaman rumah Ketua RW 01 Bapak Suranto,”ujarnya

M Alif memamparkan kegiatan yang di lakukan mulai dari membagikan masker kepada warga yang ingin membawa anaknya untuk dilakukan imunisasi, memberikan hand sanitizer, menimbang berat badan anak, mengukur tinggi badan serta melakukan imunisasi.

Kegiatan posyandu ini juga disertai dengan memberikan bingkisan berupa makanan ringan seperti roti, pudding dan susu. Mahasiswa KKN Kelurahan Tebing Tinggi Okura juga memberikan buku saku serta brosur untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan bahaya stunting pada anak.

“Kegiatan posyandu ini biasanya dilaksanakan satu bulan sekali dan selalu ramai. Berhubung adanya pandemi covid-19 ini kegiatan tidak menjadi seramai biasanya dikarenakan untuk menghindari adanya kerumunan,” tutur Ratna selaku Ibu Pengurus Posyandu di RW 01 Kelurahan Tebing Tinggi Okura,”jelas M Alif

Sementara itu Ibu Ratna,Ketua pengurus Posyandu RW 01 di Kelurahan Tebing Tinggi Okura,Ibu.. sangat mengapresiasi bantuan dari kelompok mahasiswa KKN UR di daerahnya karena sangat mempermudah dan mempercepat proses kegiatan yang berjalan di Posyandu serta sangat taat dalam menjalankan protokol kesehatan. “puji ibu Ratna **(Ian)

Bagikan ke:

Posting Terkait