Kunker Irjen Kemenkumham RI,Ir Razilu Ke Rutan Kelas IIB Kota Dumai

809 views

DUMAI,LintasRiauNews.com — Dalam rangka penguatan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Irjen Kemenkumham Ir Razilu, M.Si Safari dan Kunker Rutan IIB Dumai, Senin (18/10/2021). Ka Rutan Dumai Pance Daniel Panjaitan, A.Md.P., S.H., M.M., beserta staff menyambut kedatangan Irjen Kemenkumham RI beserta rombongan.

Kunker dan Safari Ir Razilu ke Rutan Kelas IIB Dumai, merupakan yang ke-39 dari 525 Lapas dan Rutan se-Indonesia, baik kunjungan fisik maupun virtual.

“Saya ingin mengajak seluruh kawan-kawan Kemenkumham seluruh Indonesia mewujudkan keagungan Kemenkumham melalui pencapaian kinerja yang tinggi.
Penguatan Pembangunan Zona Integritas di imbangi Zero Penyimpangan, Zero Penyelewengan dan Zero Pengaduan,” ujar Ir Razilu MSi.
Untuk mencapai semuanya butuh perjuangan yang panjang, tidak bisa di capai dalam 1 atau 2 hari.

Razilu menanggapi positif “Pembangunan Zona Integritas” yang di lakukan Rutan IIB Dumai. Hal tersebut berdasarkan pantauan Razilu saat monitor lapangan keliling Blok Rutan.

“Sudah tepat..! Ada 6 area Zona Integritas di bangun dengan baik. Bahkan saya menemukan ada 4 inovasi yang di terapkan di Rutan Kelas IIB ini. Semuanya berkaitan dengan PPKM,” salut Razilu.

Inovasi temuan Rutan Dumai, seperti adanya ruang “Si Paten” bagi keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam mengambil berkas susulan.

Kedua, Tamping bagian dapur akan di evaluasi 3 bulan sekali untuk melihat apakah mereka masih layak dari segi kesehatan.

Ketiga, dapur Rutan sudah layak, higienis dan standar Dinkes.

Keempat, keterampilan para WBP yang telah menghasilkan hasil pertanian, seperti terong, ikan dan lainnya.

“Inovasi yang sangat bagus dan akan saya rekomendasikan inovasi Rutan IIB Dumai di terapkan di Rutan dan Lapas se-Indonesia. “Inovasi ini harus jadi inovasi Nasional,” lagi Razilu.

Disela Kunker, Irjen Razilu beri masukan untuk Rutan Dumai. “Jaga nama baik Rutan. Kompak, saling mengingatkan satu sama lain.
Saya tidak ingin, ada berita dari Rutan Dumai yang jadi viral karena ada berita negatif.
Terkait kapasitas Rutan Dumai yang sudah over kapasitas, Irjen Kemenkumham Ir Razilu M.Si berkata “Untuk wilayah Riau, rata-rata telah over kapasitas hingga 250%. Tapi persentase per UPT berbeda-beda. Contoh, Rutan Bagan Siapi-Api di Rohil sudah di atas 1.000 WBP, dari kapasitas normal 98 orang. Rutan Dumai over kapasitas 400%, sementara daya tampung 256 orang. Ini sudah lampu merah..!”.

Pujo Harinto Bc.IP, S.sos,MSi yang menjabat sebagai Kanwil Kemenkumhan Riau saat ditemui awak media ini mengatakan, saat ini sedang membangun 3 tempat. Pertama, pembangunan Lapas Rumbai yang sedang On Progres. Kedua, pembangunan Lapas baru Bagan Siapi-Api yang juga sedang berjalan. Jika pembangunan kedua Lapas telah selesai, WBP Rutan Dumai sebahagian akan di kirim, untuk mengurangi over kapasitas. Rutan Dumai akan jadi zona Kuning. Semua sudah kita simulasikan. Ketiga, Rutan Kelas IIB Dumai akan membangun tempat pelatihan dan Bapas (Balai Pemasyarakatan),” jabar Pujo Harinto.

Bapas adalah pranata untuk melaksanakan bimbingan Klien Pemasyarakatan. Bimbingan yang di lakukan oleh Bapas, dilakukan terhadap terpidana bersyarat, narapidana, anak pidana, dan anak negara yang mendapat pembebasan bersyarat atau cuti menjelang bebas, anak negara yang berdasarkan putusan pengadilan, pembinannya diserahkan kepada orang tua asuh atau badan sosial, dan anak negara yang beradasarkan Keputusan Menteri atau Pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang di tunjuk.

“Lahan milik Rutan Dumai di Bagan Besar seluas ±3,5 Ha,tidak bisa di jadikan lapas. Karena syaratnya minimal lahan Lapas 5 Ha,” tutup Pujo Harinto.

Selain Irjen Kemkumham Ir Razilu dan Kakanwil Kemenkumhan Riau Pujo Harinto, Bc.IP., S.Sos., M.Si., turut hadir Kadiv Pemasyarakatan Maulidi Hilal, S.H., M.Si., dan Kadiv Imigrasi M. Tito Andrianto,SH.MH,Inspektur Wilayah II kemenkumham RI Icon Siregar dan Ka imigrasi Dumai Rejeki Putra Ginting SH MH** (Toga)

Bagikan ke:

Posting Terkait